TOBASA-Warga Kecamatan Silaen ramaikan Puncak perayaan HUT RI Ke - 74 Kecamatan Silaen dilaksanakan dilapangan sepak bola Parbalean Silaen Kabupaten Toba Samosir bersama dengan Forkopimcam Silaen Sabtu, 17 Agustus 2019.

Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan dan perayaan detik detik proklamasi Kemerdekaan RI Ke - 74 di hadiri seluruh pelajar tingkat P.PAUD, TK ,SD, SMP, SMA juga para Lansia dari masing masing desa se Kecamatan Silaen.

Bertindak sebagai inspektur Upacara Camat Silaen Sedi Lumbanraja, SE untuk komandan upacara dari pasukan TNI AD anggota Danramil 14/Silaen Serda Henrianto dan Perwira upacara Serda Hasanudin. Untuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada puncak perayaan HUT detik detik Proklamasi RI Ke - 74 putra putri terbaik SMA N. 1 Silaen yang telah dipilih dan lolos melalui berbagai seleksi yang dilatih dan dibina oleh Koramil 14/Silaen.

Untuk baki Paskibra Kecamatan Silaen di percayakan kepada Trimarno Butar Butar dengan Danton 1 Paskibra Immanuel Aritonang, Danton 2 Ati Tatima Simatupang untuk Pengibar Bendera Merah Putih dipercayakan kepada Hasian Nadapdap, Larisma Siagian dan Hendro Dimpos Siagian.

Pembawa bendera merah putih dipercaayakan kepada Desti Sitanggang dengan 4 orang pendamping pengibar Aldi Manalu, Antonius Siahaan, Sahat Barimbing dan Gabriel Siagian dengan Ajudan inspektur upacara oleh Putri Jesika Panjaitan dari SMP N. 2 Silaen.

Hadir dari Anggota DPRD Tobasa untuk Upacara Perayaan HUT RI Ke - 74 di Kecamatan Silaen Tohonan Siagian yang sekaligus sebagai pembaca Teks Proklamasi, mewakili Kapolsek Silaen IPDA Pol. Gusmer Situmorang, para Veteran Kecamatan Silaen, Danramil 14/Silaen Kapt. inf. Aljon Aritonang, Tokoh Masyarakat Bistok Silaen, Tokoh Agama, para Kepala Desa se-Kecamatan Silaen.

Usai Upacara pengibaran Bendera dilanjutkan dengan pawai oleh seluruh peserta Upacara, usai pawai acar dilanjutkan dengan penampilan berbagai atraksi hiburan yang di tampilkn oleh para siswa/i SD, SMP dan SMA dan tidak kalah penampiln dari para anak anak didik P.PAUD dan TK yang membuat suasana makin meriah oleh penampiln para anak anak P.PAUD dan TK se Kecamatan Silaen.

Camat Silaen Sedi Lumbanraja, SE kepada wartawan menyampaikan, pada perayaan HUT ke-74 di 17 Agustus 2019 masyarakat kecamatan silaen sangat antusias sekali dalam menyambut perayaan HUT RI yang ke74 ini, "Saya lihat selain instansi yang ikut dalam melaksanakan upacara ini, juga orang tua yang lansia dan elemen masyarakat desa se Kecamatan Silaen, " ungkapnya.

"Harapan kita kedepan, dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun ini akan melahirkan semangat baru yang tinggi bagi masyarakat Silaen untuk semakin lebih maju kedepannya," harap Camat.

Sebagai penghargaan dan penghormatan kepada para peserta lomba yang berhasil meraih juara di berbagai kegiatan lomba yang dipertandingkan oleh Panitia HUT RI Ke 74 Kecamatan Silaen diberikan Piala berupa Tropi kepada para pemenang juara 1, 2 dan 3 mulai dari tingkat sekopah P PAUD, TK, SD, SMP dan SMA.

"Selama kegiatan pertandingan dan lomba di gelar tidak ada keributan dan selalu damai, terimakasih kepada para panitia yang telah berusaha sekuat tenaga demi suksesnya perayaan HUT RI Ke - 74 Kecamatan Silaen," puji camat Silaen Sedi Lumbanraja.*