SERDANG BEDAGAI-Pemerintah Desa Leberia, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara menggelar Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes), tahun anggaran 2020 di Kantor Desa Leberia, Senin (19/8/2019).

Dalam kegiatan ini turut hadir Kades Leberia Iryansyah Putra, Ketua BPD Iskandar Nasution, Bhabinkatibmas Brigadir Yosi, Camat Teluk Mengkudu Romian Parualian Siagian melalui Tim I terdiri Kasi Pemerintah Kecamatan Teluk Mengkudu. Ahmad Muhajir.

Pendamping Desa kecamatan Teluk Mengkudu, Salamah, Kasi Pertanian Kecamatan, Nurhadi, Ibu Ketua TP PKK, Kelapa Dusun Desa Leberia, LKMD Leberia, Pendamping Desa, Kader Posyandu, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Bilal mayit, Guru dan insan pers.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membahas musyawarah Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes), Tahun anggaran 2020 RKPDes Desa ini dibuka secara resmi oleh kepala Desa Leberia yang diawali dengan pandangan umum oleh Ketua BPD, sekaligus untuk menyampaikan usulan tiga dusun maupun usulan Pemerintah Desa dan Ketua TP. PKK dalam kegiatan musyawarah RKPDes.

Kepala Desa Leberia Iryansyah Putra mengatakan pada acara musyawarah RKPDes ini tentang poin - poin pembahasan perencanaan kerja pemerintahan desa terhadap partipasi seluruh elemen masyarakat.

“Rancangan Rencana Kerja Pemerintahan Desa yang akan dibahas dan disepakati, benar-benar dari bawah, artinya kumpulan dari suara masyarakat. Ide-ide masyarakat tersebut kemudian disusun oleh tim sebagai salah satu tahapan sebelum masuk di Musrenbang desa,”kata Kades Leberia Iryansyah Putra.

Menurutnya, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada untuk mengusulkan program dalam rangka membangun bersama desa. "Untuk itu, kami mengajak kepada semua masyarakat agar mengusulkan program untuk pembangunan di Desa Leberia demi kepentingan masyarakat banyak,"ungkapnya.

Adapun musyawarah ini yang hadiri tiga dusun terdapat adanya poin-poin usulan - usalan tentang pembangunan maupun tentang pelatihan hukum dan peternakan.

Untuk usulan masyarakat Dusun I, II dan III yakni Pembangunan Siskamling, Peningkatan jalan, Nomor Rumah, Pembangunan TPT, Peningkatan Jalan, Pembangunan Hotmix, Rehap Drainase, Pembangunan Jalan Rabat Beton, Pembangunan kantor BPD, Pelatihan Hukum, Pengadaan alat olahraga berupa Tenis meja dan bulu tangkis.

"Begitu juga usulan untuk kelompok tani dalam pengadaan ternak lembu dan kambing, Pengadaan bibit ikan air tawar dan Pengadaan mesin opak maupun pengilingan mesin bakso dan pengadaan karpet dan pengisap debu untuk masjid desa leberia,"Iryansyah Putra.

Sementara itu, Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagiaan melalui tim I Kasi Pemerintah Kecamatan Teluk Mengkudu, Ahmad Munajir mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka RKPDes dalam pembangunan desa.

Dalam kesempatan ini, berhubungan bapak camat tidak bisa hadir dalam waktu yang sama dalam kegiatan rakor di pemkab sergai. Sehingga kami dari tim I terdiri kecamatan teluk mengkudu dalam arahanya menyampaikan. "Bahwa Prioritas usulan tahun anggaran 2020 dalam mana ditahun 2019 untuk segera menyiapkan laporan tahun anggaran 2019. Seakan akan kerja tidak jauh dari RPJMDes, dimana kegiatan telah dilaksanakan maupun belum dilaksanakan kirahnya untuk cepat dilaksanakan,"paparnya.

"Begitu juga apa yang disampaikan oleh Kepala Desa kiranya bahwasanya di hidupkan kembali laporan kepala desa tadi untuk masalah ternak maupun pembuatan kripik buah, hal ini sebagai inovasi yang mana selaras dengan misi -misi Bupati dan Wakil Bupati Sergai,"lanjutnya.

Selain itu, lanjut Camat, 2 bulan lagi pada tanggal 20 oktober 2019, akan dilaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades), yang mana desa Leberia salah satunya dari pemilihan kepala desa tersebut. "Mudah-mudahan harapan kami dari kecamatan teluk mengkudu, kiranya pelaksanaan pilkades ini berjalan aman, lancar, tertib dan adil. Untuk itu kiranya mendapatkan sosok pemimpin pemimpin untuk bisa melayani masyarakat,"cetusnya.*