TOBASA-Warga Kecamatan Borbor tumpah dari desa dan pelosok Pereesan memadati tanah lapang sepak bola Kecamatan Borbor untuk mengikuti puncak perayaan HUT RI Ke - 74 Sabtu, 17 Agustus 2019.

Perayaan HUT RI ke 74 di Kecamatan Borbor dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kab.Tobasa Ir.Bike Pasaribu didampingi juga oleh Anggota DPRD Liston Hutajulu dan Wilson Pangaribuan. Juga hadir undangan dari para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat dari Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Kecamatan Borbor dengan Ketua Budiman Pasaribu (69), Sekretaris Maidin Pasaribu, dan Anggota LADN Abdul Simanjuak, Monang Simanjuntak dan Binsar Pangaribuan.

Bertindak Sebagai Inspekturn Upacara Camat Borbor Sabam Pardosi, untuk Komandan Upacara dari Pasukan TNI AD anggota Koramil Habinsaran Serda Suhendang dengan pembaca teks Proklamasi dari Anggota DPRD Kab.Tobasa Liston Hutajulu.

Usai upacara penaikan bendera yang kibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) siswa/i dari SMA N.1 Kecamatan Nassu dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para juara lomba pertandingan olahraga yang telah digelar sebelum puncak perayaan HUT RI Ke - 74 juga di pertandingkan Cerdas Cermat untuk tingkat pelajar SD, SMP dan SMA.

Berbagai kegiatan lomba digelar untuk menyambut dan memeriahkan perayaan HUT RI Ke - 74 yang dilaksanakan oleh Panitia Perayaan HUT RI Kecamatan Borbor bekerjasama dengan Ka.UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Borbor bersama dengan pihak Kecamatan serta para Guru Guru sekolah SD, SMP dan SMA se Kecamatan Borbor.

Panitia HUT RI Ke - 74 Kecamatan Borbor sebelum puncak perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2019, sebelumnya telah melaksanakan kegiatan pertandingan dan Lomba tingkat Kecamatan antar Pelajar diantaranya: pertandingan Sepak Bola tingkat Dewasa, sepak Bola tingkat SMP, Sepak Bola tingkat SD. Peragaan Busana tingkat SD, Peragaan Busana tingkat SMP, lomha menyanyi Trio tingkat SD, Trio tingkat SMP, Perlombaaan mewarnai Lambang Negara Burung Garuda untuk tingkat PAUD, Perlombaan kreativitas (pemanfaatan barang bekas) tingkat SD, perlombaaan puisi tingkat SMP, Lomba Karya ilmiah untuk tingkat pelajar SMA.

Usai Upacara penaikan bendera sebagai Peringatan dan penghormatan akan Hari Kemerdekaan RI Ke - 74, di lanjutkan dengan acara pawai bersama oleh seluruh peserta upacara dengan route Lapangan sepak bola Kecamatan Borbor menuju pusat pasar Kecamatan Borbor dan kembali berputar ke tanah lapang sepak bola Kecamatan Borbor sebagai pusat lokasi acara.

Usai pawai digelar dilanjutkan dengan berbagai kegiatan hiburan tari tarian modern dan tradisonal yang ditampilkan oleh para anak didik pelajar tingkat SD dan SMP se Kecamatan Bobor dalam rangka menyemarakkan dan memeriahkan perayaan HUT RI Ke - 74 di Kecamatan Borbor. Dalam penampilannya para anak didik menampilkan tariannya dengan menyanyi manual tanpa peralatan musik namun tetap menarik dan menghibur para warga yang hadir.

Jelang upacara penurunan Bendera Merah Putih tgl 17 Agust 2019 digelar partai final pertandingan sepak bola tingkat pelajar SD se Kecamatan Borbor antara kesebelasan SD Negeri 173601 Onan Borbor VS SD Negeri 173605 Onan Borbor yang berhasil di menangkan oleh Kesebelasan SD Negeri 173601 Onan Borbor dengan skor 4 : 2.

Untuk partai Final pertandingan sepak bola tingkat Dewasa se Kecamatan Borbor antara kesebelasan Pasqr Borbor VS Kesebelasan Desa Rianiate dan berhasil dimenangkan oleh kesebelasan Pasar Borbor dengan skor 1 : 0.*