SERDANG BEDAGAI-Masyarakat Desa Matapao antusias menyaksikan perlombaan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Rebublik Indonesia ke 74 tahun.

Dimana perlombaan ini setiap tahunya laksanakan di lokasi yang sama, tepatnya di lapangan volly milik perkebunan PT. Socfindo kebun matapao, Dusun IV, Desa Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai. Minggu(18/8/2019).

"Setiap tahun desa matapao yang diselenggarkan kaum pemuda- pemudi ini tetap menjalin kompakan untuk mengelar beberapa perlombaan dalam meriahkan hari kemerdekaan RI ke 74 tahun.

Sebelumnya, tingkat Madrasyah dan tingkat Paud Al- Hasana di Dusun yang sama diadakan beberapa kegiatan terutama perlombaan tarian tortor selama dua hari di selenggarakan dalam memperingati hari kemerdekaan RI ke 74 tahun.

"Untuk pengambilan hadiahnya, tingkat Madrasyah dan paud hari ini bisa diambil di lokasi ini," kata Kades Matapao, Saman. Menurut dia, kegiatan perlombaan ini berkat dukungan masyarakat sekitar yang mana dalam kegiatan perlombaan ini dengan biaya swadaya dan juga sebagian pemberian donatur warga sekitar.

"Mudah- mudahan dengan kekompakan ini terus terjalin antara pemuda - pemudi dengan merangkul masyarakat sekitar untuk terus meriahkan hari kemerdekaan ini setiap tahunya. Dan jangan dipandang hadiahnya walaupun hadiah kecil namun antusias masyarakat yang paling utama," Ungkap Saman.

Ketua panitia, Eka Sumantri di lokasi mengatakan bahwa kegiatan ini sebanyak 20 perlombaan yang diselenggarakan untuk meriahkan hari kemerdekan RI ke- 74 tahun.

Adapun perlombaan yakni tingkat ibu rumah tangga (IRT),,Tangkap bebek, Tarik Tambang, lomba bagiak, Luky Draw, Balap Angkong. Sedangkan untuk tingkat anak-anak, Pengambilan uang koin dalam tepung, Masukan paku kedalam botol, lomba lari, lomba makan kerupuk, balap goni dengan menggunakan helm. "Sementara itu untuk tingkat pemuda - pemudi yakni Balap angkong dengan memakai helm, Panjat pucang dan menangkap Bebek," kata Eka Sumantri.

Menurutnya, dalam perlombaan ini untuk hadiah khusus anak -anak yakni perlengkapan sekolah, sedangkan IRT perlengkapan alat dapur dan masak, sedangkan kaum pemuda-pemudi hadiah berupa pakaian dan uang.

"Mudah- mudahan dalam kegiatan ini tetap terus kita tingkatan dalam meriahkan hari kemerdekaan RI ke 74 tahun, begitu juga hal ini berkat atas dukungan kepala desa maupun kepala dusun setempat,"tandas Eka Sumantri.

Menanggapi hal ini, Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian kepada Gosumut memberikan apresiasi atas penyelenggarakan 17 agustus ini yang dilakukan seluruh pemerintah Desa khususnya di kecamatan Teluk Mengkudu. Dimana seluruh masyarakat indonesia merayakan hari kemerdekaan dengan meriah dan penuh suka cita. Selain upacara bendera, masih banyak rangkaian acara untuk menyambut dan memeriahkan hari jadi Indonesia. Terutama macam perlombaan 17 Agustus 2019 tahun ini, dimana hari ini pemerintah desa terdiri Desa Leberia dan Sialang Buah dan Desa Matapao menggelar perlombaan memiliki beberapa manfaat. Hal ini untuk mengenang jasa para pahlawan, meningkatkan kebersamaan dan persatuan, melatih kerja sama dan kekompakan, meningkatkan rasa cinta kepada tanah air.

"Semoga perlombaan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya," tandas Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagiaan.*