TOBASA-Kecamatan Nassau Kabupaten Tobasa bersama seluruh warganya rayakan HUT RI Ke - 74 tahun 2019 dengan meriah yang dihadiri ribuan warga Kecamatan Nassau. Perayaan HUT RI Ke - 74 mengambil thema : dengan semangat kemerdekaan RI ke - 74 kita tingkatkan kebersamaan dan kerja nyata untuk mewujudkan Kecamatan Nassau sejahtera.

Upacara perayaan HUT RI Ke - 74 Kecamatan Nassau dilaksanakan di Tanah Lapang sepak bola SMP N 2 Nassau yang dihadiri anggota DPRD Tommi Simanjuntak dari partai Demokrat. Hadir juga mewakili Bupati, Kadis Perkim Tobasa Jonni Lubis dengan ketua Panitia HUT RI Ke - 74 Kecamatan Nassau Santober Hutapea Dewan terpilih untuk periode jabatan 2019 - 2024 yang sekaligus sebagai ketua panitia HUT, serta para Tokoh Adat,Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Nassau Pdm. Jaraya Sagala, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dari Uspida Kecamatan Nassau hadir Kapolsek Habinsaran Aiptu Pol. Esron Napitulu, Danramil 15 Habinsaran Kapt Kav Suharsono. Tokoh Agama Pdt Fajar Lubis, S.Th sebagai pembaca doa dan Tokoh Adat Kec Nassau, Kapus Nassau dr. Fransiska Marpaung,anak didik P.PAUD, para siswa,Guru - Guru dan Kepala Sekolah SD, SMP, SMK se Kecamatan Nassau serta OKP dari Pemuda Pancasila PAC Kec.Nassau.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Camat Nassau Timbul Sipahutar. Komandan Upacara Serda Harpenas Sitorus Anggota Danramil Habinsaran dengan pembaca teks proklamasi dari Anggota DPRD Kab.Tobasa Tommi Simanjuntak.

Setelah upacara dilanjutkan dengan pawai bersama oleh seluruh peserta Upacara, usai pawai terlebih dahulu digelar lomba senam Lansia antar desa dan berhasil meraih juara 1 Lansia Desa Lumbanrau Tengah.

Untuk pertandingan partai final Bola Volly tingkat dewasa antar Tim Desa, di partai final bertemu tim dari desa Liat Tondung VS Desa Sipagabu yang berhasil dimenangkan oleh Tim Bola Volli Desa Liat Tondong dengan score 2 : 1.

Hiburan akhir padaa puncak perayaan HUT RI Ke 74 Kecamatan Nassau diisi dengan pertandingan final sepak bola antara desa. Dipartai final kesebelasan Desa Lumban Rau Utara VS Desa Sipagabu yang dipimpin wasit pertandingan Guntur Pane dengan Hakim Garis Maniur Sagala dan Alam Pane.

Partai final sepak bola antar desa Kecamatan Nassau dimenangkan oleh kesebelasan Lumban Rau Utara dengan skor 1 - 0. dimana sebelumnya kedua kesebelasan ini untuk masuk partai final, di babak penyisihan dan babak semi final sebelumnya masing masing kesebelasan telah mengalahkan rifal rifalnya di group masing --masing.

Amatan Gosumut dilapangan, sebelum partai final pertandingan sepakbola tingkat usia dewasa antar desa se Kecamatan Nassau digelar telah dilaksanakan pertandingan partai final sepak bola tingkat pelajar SD. Dipartai final Kesebelasan SD Negeri Sigalagala VS SD Negeri Simanalese yang dimemangkan oleh kesebelasan SD Negeri Sigalagala dengan skor 3 - 0.

Untuk pertandingan sepak bola tingkat dewasa Antar Desa se Kecamatan Nassau diberi nama Camat Cup I dengan memperebutkan Piala bergilir Camat Nassau dan biaya pembinaan serta Piala Tetap bagi pemenang juara 1,untuk juara 2 dan 3 diberi tropi dan biaya pembinaan.

Dijelaskan Camat Timbul Sipahutar, sekaitan dengan piala bergilir Camat Cup I Kecamatan Nassau akan sah menjadi milik 1 kesebelasan apabila kesebelasan tersebut memenangkan pertandingan final selama 3 kali berturut turut dalam tahapan pertandingan yang di gelar oleh Kecamatan Nassau.*