NISEL-Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik (Kemri) Ke - 74 Tahun 2019 untuk tingkat Kabupaten di Kabupaten Nias Selatan digelar di Lapangan Bola Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo, Sabtu (17/8/2019).Bupati Nisel Hilarius Duha bertindak sebagai Inspektur upacara dan Komandan Upacara Kapten Laut (KH) Umar.* Peringatan Dirgahayu RI tingkat Kabupaten untuk ke dua kalinya dilaksanakan di Kecamatan dimana pada Tahun sebelumnya digelar di Lapangan Bola Kaki Desa Amandraya Kecamatan Amandraya.

Pembacaan teks Prokmasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita. Acara turut dihadiri Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, SIK, Kajari Nisel Rindang Onasis, SH, Wakil Ketua DPRD Yohana Duha, Waka Polres Nisel Kompol Martin L. Dachi, Plt. Sekda Ikhtiar Duha, para Pimpinan OPD Nisel, Camat Maniamolo Idealis Dakhi, Rohaniwan, Tokoh masyarakat, tokoh adat, dan sejumlah anggota DPRD terpilih.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari para siswa SD, SMP, SMA/SMK Se-kecamatan Maniamolo, Mahasiswa, TNI/Polri, ASN dan ratusan masyarakat juga ikut menyaksikan upacara itu.

Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh 45 Anggota Paskibra dan saat pengibaran Bendera dikawal oleh 4 orang dari unsur TNI dan Polri. Pantauan Wartawan, proses Upacara, berlangsung penuh hikmad apalagi didukung cuaca yang begitu cerah.