TOBASA-Sebelum acara Ramah Tamah dengan para Veteran yang tergabung dalam LVRI Kabupaten Tobasa jajaran Forkopimda terlebih dahulu mengikuti jalannya sidang Paripurna DPRD Tobasa di ruang rapat gedung Kantor DPRD Pemerintah Kabupaten Tobasa untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir Jokowidodo dari Istana Negara - Jakarta Jumat, (16/8/2018) dalam rangka jelang peringatan HUT RI Ke - 74 Tahun pada 17 Agustus 2019 besok.

Usai Paripurna DPRD seluruh jajaran Forkopimda langsung menuju Gedung pendopo rumah Dinas Bupati untuk acara ramah tamah dengan para pejuang Veteran Kabupaten Toba Samosir yang tergabung dalam wadah Lembaga Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Toba Samosir.

Dalam sambutannya Ketua LVRI Tobasa Ruman Sirait (99) menyampaikan, perang sudah usai, tetapi perang saat ini tetap masih berjalan. "Perang yang kita hadapi saat ini di era tehnologi semakin canggih adalah perang persaingan dalam berbagai usaha kemajuan Rakyat dan Negara maupun antar Negara.

"Saat ini perang yang harus kita hadapi dan lawan adalah perang melawan tindakan anarkis yang mencoba merongrong persatuan dan kesatuan NKRI khususnya yang mencoba merubah Pancasila sebagai dasar Negara NKRI yang sudah harga mati," tegasnya sembari meneriakkan Merdeka.

"Saya mewakili rekan Veteran menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Tobasa dan seluruh Pimpinan Daerah lainnya atas perhatian dan kepeduliannya kepada kami para Veteran ini dengan acara yang digelar hari ini kepada kami para Veteran yang masih hidup saat ini," tegasnya.

Mewakili Forkopimda Kapolres Tobasa AKBP. Agus Waluyo,SIK dalam sambutannya menyampaikan, dalam menyambut HUT RI ke 74 tahun 2019 secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua Legiun Veteran Indonesia (LVRI) atas jasa dan perjuagannya dalam memperjuangkan NKRI dimasa lalu.

Disampaiknnya, berkat usaha dan perjuangan yang tidak kenal lelah dan pantang menyerah dari para Veteran maka NKRI yang kita cintai ini terbebas dari belenggu penjajahan dan perang yang telah menyengsarakan seluruh rakyat Indonesia yang telah menelan jutaan korban jiwa di seluruh pelosok nusantara di jaman dahulu.

"Marilah kita semua warga negara secara khusus para aparatur negara yang mengemban jabatan tugas dan tanggung jawab di pemerintahan ini sesuai dengan tufoksi kita menjalankan tugas dan tanggung jawab kita sebagai Abdi Negara yang bertanggung jawab serta menjadi pelayan masyarakat yang berkeadilan," jelas Kapolres.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, dengan kehadiran kita saat ini dalam acara ramah tamah bersama LVRI adalah salah satu bukti wujud nyata akan semangat kebangsaan kita dalam rangka menyambut perayaan HUT RI ke 74 pada 17 Agustus 2019. "Dan moment ini sebagai penghormatan kita kepada seluruh Veteran yang telah berjasa dalam memperjuangkan Negara kita tercinta ini dari perang masa lalu," sambut Bupati.

Lanjutnya, Pada peraayaan HUT RI ke 74 ini, dengan berbagai program kegiatan pembangunan dari Pemerintah pusat untuk wilayah kawasan danau Toba secara khusus di Kabupaten Tobasa, "marilah kita sama sama bekerja dan tetap kerja sama demi kemajuan masyarakat Tobasa,"imbuhnya.

Dalam acara ramah tamah dengan LVRI Pemerintah Tobasa memberikan tali asih pemkab Tobasa kepada para Veteran dalan rangka peringatan HUT RI Ke - 74. Tali asih diberikan secara simbolik kepada 10 Veteran dan Janda Veteran yakni Ruman Sirait (99) sebagai Ketua LVRI Kab.Tobasa, Paimin Tambunan, Pual Sitorus dengan 7 Janda Veteran yakni, Terepia Aruan, Rame Tambunan, Nemsi Simanjuntak, Tiurlina Sipahutar, Dorta Sitorus, Rolia Simanjuntak dan Samianna Manullang.