TOBASA-Koramil 13 Porsea Kodim 0210/TU Bersama Camat dan Ka UPTD Kecamatan Porsea sambut dan meriahkan perayaan HUT RI Ke - 74 (17 Agustus 2019 ) dengan mengelar berbagai kegiatan lomba diantaranya Lomba olahraga Gerak Jalan, Tarik Tambang pada Tingkat SD, SMP dan Kebersihan sekecamatan Porsea-Tobasa.

Untuk lomba olahraga Gerak jalan pada tingkat sekolah SD dan SMP se Kecamatan Porsea digelar Kamis,(15/8/219) dengan dititik awal keberangkatan peserta lomba di berangkatkan dari tanah lapang Kecamatan Porsea depan Kantor Koramil 13 Porsea Kodim 0210/TU.

Danramil Porsea Kapt.Inf.Tetap Lumbantoruan,SH kepada Gosumut usai memberangkatkan peserta Gerak Jalan menyampaikan, Lomba Gerak jalan yang di perlombakan bagi pelajar tingkat SD dan SMP se Kecamatan Porsea sebagai ajang pembinaan dan pembelajaran bagi para pelajar se Kecamatan Porsea dalam rangka memyambut dan merayakan HUT RI Ke - 74.

Lomba Gerak Jalan di gelar karena olahraga PBB (Peraturan Baris Berbaris) merupakan bagian dari pembinaan sikap dan mental disamping dari pembinaan Fisik. Lanjutnya, dengan pembinaan melalui Lomba Baris Berbaris ini, diharapkan kedepan para anak didik lebih mengerti serta memahami sikap dan prinsip dalam sebuah kerja sama tim serta kelak mampu mepertahanka sikap persatuan dan kesatuan untuk mengemban dan menjalankan sebuah misi atau tugas yang membutuhkan kerja sama tim, khususnya didalam pemahaman berbangsa dan bernegara.

"Dan hal ini juga harus bisa diterapkan oleh masing masing siswa/i peserta lomba dalam kehidupan seharii hari di dalam lingkungan sekolah khususnya di lingkungan tempat tinggalnya masing masing dengan semboyan, Bersatu kita teguh, Bercerai kita runtuh," tegas Danramil 13 Porsea.

Dikesempatan berbeda Ka.UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Porsea Jonny Nababan mengatakan, Peserta Lomba Gerak jalan akan menempuh route pada jalur lintasan dari jalan Sisingamangaraja XII Kota Porsea terus sepanjang Jalan Negara Lintas Sumatera menuju titik ujung di Parparean Simpang Jalan Parparean 1 (PLN lama) berputar balik menuju Tanah Lapang Kecamatan Porsea pada titik keberangkatan awal yang merupakan sebagai garis Finish akhir lomba.

Lomba Gerak Jalan ini di ikuti 25 tim peserta lomba gerak jalan.peserta terdiri dari 14 Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Porsea yakni dengan 13 Tim Putra dan 12 Tim Putri diantaranya dari Sekolah SD Pradomuan, SD 173633 Porsea, SD Swasta Advendt Porsea, SD 176373 Narumambing, SD 73632 Porsea, SD 174559 Siraituruk, SD Nalela, SD 173634 Porsea, SD 178064 Porsea, SD MIN Parparean, SD 173650 Amborgang, SD 173635 Porsea dan SD Raut Bosi.

Lanjutnya, kegiatan yang digelar bersama oleh Ka.UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Porsea, Camat Porsea bersama dengan Danramil 13 Porsea untuk menyambut dan memeriahkan perayaan HUT RI Ke-74 pada 17 Agustus 2019 nanti. Dimana para juara yang akan dambil adalah juara 1, 2 dan 3 yang nantinya akan di umumkan pada saat perayaan HUT RI Ke 74 usai upacara nasional dilaksanakan di Tanah Lapang Kecamatan Porsea Depan Kantor Danramil 13 Porsea nanti," jelasnya.

Sebelumnya Camat porsea Robert Manurung,SH selaku Camat Kecamatan Porsea sebelum pelepasan peserta lomba dalam sambutannya menyampaikan, lomba ini kita gelar sebagai pendorong dan pemersatu,"sikap akan semangat juang Kebangsaan kita serta kecintaan kita kepada Tanah Air kita Indonesia tercinta dalam rangka memperingati HUT RI yang Ke - 74 tahun pada 17 Agustus 2019 yang tinggal 2 hari lagi akan kita rayakan secara Nasional," jelasnya.*