JAKARTA - Tidak lebih dari 24 jam setelah mengumumkan skuad timnas senior, pelatih Simon McMenemy membuat keputusan tegas dengan mencoret Rizky Pora dari skuad yang dipersiapkan tampil di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022  zona Asia. Pemain asal klub Barito Putera ini dinilai telah menunjukkan prilaku tidak sportif saat membela klubnya melawan PSM Makassar di Kompetisi Sepakbola Liga 1, Rabu (14/8/2019). “Kami mengharapkan tingkat disiplin tertinggi dari para pemain tim Nasional. Ini telah dibahas beberapa kali dan para pemain telah diingatkan bahwa mereka adalah representasi dari seluruh pemain Indonesia. Para pemain tim Nasional adalah contoh bagi semua, Ini prinsip dan saya tidak main-main dengan hal ini,” kata Simon Mcmenemy.

Ditambahkan, sikap yang diperlihatkan Rziky pada laga melawan PSM jelas bukan perilaku pemain yang memahami sepenuhnya tanggung jawab ini. “Pemain harus memahami tanggung jawab yang datang dengan mewakili negara yang begitu bersemangat dan bangga,” tegas Simon.

Pelatih asal Skotlandia ini juga telah memilih Febri Hariyadi untuk menggantikan tempat Rziky Pora. Pemain asal Persib Bandung ini dinilai memiliki pengetahuan taktik dan formasi yang baik.

"Poinnya, kami mencari pemain yang bisa menjadi role model, pemain yang mampu menjalankan instruksi serta mampu bermain dalam sistem yang kita inginkan. Tentu kami berharap seorang pemain juga memiliki pengetahuan taktik yang baik, sehingga mampu bermain dalam formasi yang berbeda dan juga posisi yang berbeda," ujarnya lagi.

Tim Nasional Indonesia akan mengawali perjalanan di kualifikasi Piala Dunia dengan melawan Malaysia pada tanggal 5 September 2019 dan Thailand pada tanggal 10 September 2019. Dua laga ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Berikut 24 Pemain yang akan bergabung dalam pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala Dunia 2022:

Penjaga Gawang: Andritany Ardhiyasa, Awan Setho, Angga Saputra. 

Pemain Belakang: Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Otavio Dutra, Yanto Basna, Yustinus Paew, Johan Alfarizi, Andika Wijaya, Victor Igbonefo. 

Pemain Tengah: Andik Vermansah, Evan Dimas, Febri Hariyadi, Manahati Lestusen, Rizky Pellu, Stefano Lilipaly, Zulfiandi, Irfan Jaya, Irfan Bachdim, Greg Nwokolo. 

Pemain Depan: Ferdinand Sinaga, Beto Goncalves, Osas Saha. ***