PALAS-Wakil Bupati Padang Lawas (Palas) drg.H Ahmad Zarnawi Pasaribu membuka secara resmi Pencanangan Bulan Bhakti Sosial TNI Manunggal KKBPK -Kesehatan, Kabupaten Padang Lawas Tahun 2019,sekaligus Pencanangan kampung KB Desa terpencil Di Desa Sibodak Jae, Kecamatan Hutaraja Tinggi,Rabu (14/8/2019).

Kegiatan itu dihadiri Dandim 0212/TS Letkol Inf.Akbar Nofrizal Yusananto diwakili Perwira Penghubung Kapten Inf.Sondi Pasaribu, Kadis P2KB -P3A Palas, Drs Amir Soleh Nasution, Kadis Kesehatan Hj Leli Ramayulis, Ketua IBI Palas Hj Alimatusa’diyah, Pimpinan OPD terkait lainnya, Bidan dan anggota peserta KB-Kes.

Wabup Zarnawi mengajak semua elemen masyarakat, instansi pemerintah untuk membangkitkan semangat gotong royong melalui Pencanangan bukan Bhakti sosial.TNI Manunggal KKBPK -Kesehatan dan menjadikan kampung KB sebagai poros keluarga berkualitasyang diperkuatkan dengan konsep keluarga berkumpul ,berdaya, bersatu dan peduli terhadap lainnya.

"Mari kita mulai untuk meningkatkan kebersamaan dalam keluarga agar tercipta keluarga yang harmonis. Kta ungkapkan rasa cinta keluarga, cinta terencana dan cinta Indonesia ,"kata Wabup Zarnawi saat membuka kegiatan didesa Sibodak Jae.

Terkait dengan program kependudukan, kata Wabup, bahwa kita semua harus bersatu untuk penguatan dan percepatan sasaran program kependudukan dalam urusan pemerintah daerah mensejahterakan keluarga dan KB masuk dalam urusan wajib Nomor 12 sebagaimana diamanahkan PP No 38 Tahun 2007.

Menurut Wabup, urusan ini target didalam menyangkut pengendalian penduduk dan mensejahterakan keluarga. "Oleh karena itu semua elemen harus bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga target pengendalian penduduk dan KB dapat tercapai," pinta Wabup.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (P2KB- P3A ) Drs Amir Soleh Nasution dalam laporannya mengatakan, kegiatan pencanangan bulan bhakti sosial TNi Manunggal KKBPK -Kesehatan diselenggarakan dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan menganjur peserta pasangan usia subur (PUS).

Selain itu, katanya, sasaran kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Sosial TNi Manunggal Kesehatan dan kampung KB desa terpencil untuk Pasangan Usia Subur ( PUS) yang ada di Kabupaten Palas.

"Sedangkan bentuk kegiatan yang dilaksanakan Pelayanan Pemasangan alat Kontrasepsi berupa PIL,Suntik,IUD,Implant dan Kondom," kata Amir Soleh.

Ketua IBI Palas Hj.Alimatusa'diyah mengatakan, pasangan usia subur sangat penting mengikuti KB. Atas nama IBI berharap, seluruh pengurus PKK tingkat Kecamatan dan desa agar menjalin kerjasama yang baik untuk meningkatkan usia subur mengikuti program KB- Kes.

Dikatakannya, angka kematian usia subur untuk saat ini cukup tinggi diakibatkan faktor ekonomis atau kurang menjaga kesehatan Ibu sehingga mengakibatakan kematian ibu dan anak.

Ketua IBI menghimbau Ibu-ibu PUS agar berkordinasi dengan bidan setempat jika menghadapi persoalan dengan program KB,harapnya Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis mengatakan, program KB-Kes harus dapat berjalan dengan baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut , imbuhnya, sangat dibutuhkan sinergisitas semua elemen yang terlibat dan berkompoten ikut serta mekampanyekan program KB ditengah masyarakat,sebutnya "Program KB sudah dicanangkan oleh pimpinan umat dan bangsa, maksud agar kita memiliki rencana dalam membina bahtera hidup yang baik didukung dengan faktor pendidikan maupun ekonomi dan lainnya,"ujarnya.

Ia menambahkan, perlu strategi yang matang dalam mengatur masa depan kehidupan anak yang lebih baik. "Dalam pelaksanaannya diperlukan sinergisitas semua elemen untuk mendukung program pemerintah dalam mengkampayekan program KB untuk membangun keluarga sejahtera dan bahagia," pungkas Hj Leli.*