PALAS-Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah yang mengakibatkan adanya kerusakan hutan baik secara alami maupun akibat dari pembakaran secara sengaja oleh manusia, Koramil 08 Barumun menggelar sosialisasi Karhutla ke seluruh komponen masyarakat dan pelajar SMK ,Kegiatan itu berlangsung SMK.

Kegiatan itu berlangsung SMK N 1Barumun Selasa (13/8/2019) Peserta sosialisasi Karhutla diikuti sekitar 100 siswa/i SMKN 1 Barumun, beserta para guru disekolah.

Danramil 08/Barumun, Kapten Inf Fahri Batubara dikegiatan sosialisasi dan penyuluhan karhutla ke siswa mengatakan, peran serta kita sebagai warga negara yang baik dalam pelestarian Lingkungan menjadi sangat penting.

Oleh karena itu,kata Fahri, TNI juga berkewajiban mengedukasi masyarakat maupun para kaum generasi muda mengenai hutan bagi keseimbangan lingkungan.

”Kegiatan ini dilakukan karena pada akhir-akhir ini di wilayah kita sudah sering terjadi adanya kebakaran hutan dan lahan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja,” ujar Kapten Info.Fahri Batubara.

Lokasi yang terbakar pada lahan perkebunan, lanjut dia, karena masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap Karhutla, belum terorganisir tim terpadu yang mengelola Karhutla serta fasilitas dan anggaran yang terbatas,” imbuh Kapten Fahri.

Danramil 08/Barumun berharap, agar hutan dan lahan yang sudah baik dapat terus dibuka dan dijaga terhadap kelestariannya, bagi seluruh peserta sosialisasi dapat mengikuti kegiatan ini dengan kesungguhan dan dukungan penuh untuk mendukung upaya peningkatan kelestarian hutan.

Dikesempatan itu juga, selain sosialisasi Karhutla, Koramil 08/Barumun juga dilakukan penyuluhan tentang pencegahan Narkoba dikalangan pemuda.

Danramil bersama Babinsa Peltu Aspan Rangkuti mengajak, seluruh peserta untuk menghindari narkoba dan dalam bentuk jenis apapun.

"Kita sudah nyatakan untuk perang terhadap narkoba, dengan alasan dan bentuk apapun kita hindari Narkoba,"ucap Peltu Aspan Rangkut sembari mengingatkan manusia tidak perlu dan tidak butuh narkoba.

Peltu Aspan berharap siswa /i SMKN 1 Barumun sebagai peserta untuk mencapai pemahaman tentang pencegahan karhutla dan pencegahan narkoba.

kegiatan penyuluhan dan sosialisasi diakhiri dengan tanya jawab dan dialog oleh siswa kepada pemberi materi yaitu Danramil 08 /Barumun dan Babinsa.*