JAKARTA - Ketua Komisi 1 DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi langkah Kemenlu RI dalam hal ini Konsulat Jenderal RI di Hong Kong, yang dikabarkan berhasil mengevakuasi 47 orang WNI di bandara Hongkong yang sempat diduduki demonstran kemarin.

"Langkah cepat, sistematis dan taktis harus terus dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan WNI yang berada di Hongkong. Apalagi dalam waktu seperti sekarang ini, dimana demonstran mulai menyasar fasilitas publik berskala Internasional. Untuk itu Konjen RI di Hongkong sudah tepat mengambil langkah seperti evakuasi yang dilakukan terhadap WNI yang berada di bandara" jelas Kharis dalam keterangan pers yang diterima GoNews.co, Selasa (13/08/2019).

Legislator yang terpilih kembali mengemban amanah di DPR RI hingga 2024 ini, mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk terus memastikan Pekerja Migran Indonesia (PMI/TKI) tidak turut dalam aksi demonstrasi di HongKong yang bisa membahayakan keselamatan mereka.

"Kita punya sikap politik bebas aktif dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, oleh karena itu saya menghimbau dan juga tentu pemerintah Indonesia meminta agar WNI para pekerja Indonesia yang berada di Hongkong tetap mematuhi hukum di sana dan jangan terlibat dalam setiap aksi demonstrasi di negara lain" tegas Kharis.

Belajar dari krisis politik diberbagai negara, Kharis meminta agar Kemenlu menyiapkan segala opsi untuk menangani dan membantu WNI di Hongkong.

"Situasi di Hongkong kalau semakin tidak terkendali saya kira pemerintah harus menyiapkan semua opsi seperti mengevakuasi semua WNI keluar dari Hongkong jika diperlukan, namun selama WNI di Hongkong menjauhi tempat para demonstran, saya kira keamanan mereka masih dalam perlindungan keamanan disana" tutup Kharis..***