PEKANBARU - Setelah bermalam di Kota Pekanbaru, besok siang, rombongan Kapolri, Panglima TNI, Menteri KLHK dan Kepala BNPB, diagendakan bakal menyambangi Langgam, Pelalawan Riau.

Kepastian tersebut diungkapkan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, usai mendengar pemaparan dari Gubernur Riau, Syamsuar dan Kepala BMKG Riau, terkait dengan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). "InsyaAllah selama dua jam kita akan ke lokasi, kemudian kita akan mendarat ke Langgam. Kita upayakan dalam beberapa minggu ini kebakaran bisa teratasi," ujarnya.

Menutup sesi wawancara, Panglima TNI juga menegaskan, akan kembali mengirim pasukan dari Kostrad, guna membantu pemadaman sekaligus membantu pihak kepolisian dalam penegakan hukum.

"Intinya kita bekejasama dengan Polri, akan mengusut dan mencari para pelanggar hukum. Jika kedapatan di lokasi kita akan langsung tangkap dan memprosesnya," ujarnya.

Panglima TNI juga menjelaskan, kemungkinan untuk membuat hujan buatan, menjadi solusi dalam mengatasi kebakaran lahan di Riau.

"Curah hujan akan kita kelola, kemungkinan ada potensi pembuatan modifikasi cuaca hujan pada bulan awal oktober," tandasnya.

Artinya kata Panglima, saat ini masih diupayakan pemadaman dengan berbagai alat manual dan menggunakan water bombing.

"Jadi sambil menunggu Oktober, kita masih melakukan pemadaman dengan pengeboman air. Tapi kita ada sedikit kendala, karena lokasi kebakaran dan pengambilan air itu cukup jauh, jadi kita upayakan juga pengeboman air dengan menggunakan pesawat hercules," tegasnya.***