ASAHAN-Memaknai momentum Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Asahan jadikan Hari yang cukup sakral tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan silaturahmi dan saling berbagi dalam bingkai ibadah penyembelihan hewan qurban.

Dengan itu Pemkab Asahan melakukan kegiatan penyembelihan hewan qurban yang dipusatkan di Seputaran Hutan Kota Kisaran Minggu, (11/8/2019).

Kegiatan itu dihadiri oleh Plt. Bupati Asahan, Forkopimda, Sekda, Asisten, OPD, Camat Kisaran Barat dan Kisaran Timur serta ASN dan masyarakat.

Penyembelihan hewan kurban tersebut semakin bermakna karena dilaksanakan setelah Shalat Ied yang dipusatkan di Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran.

Ketua IMTAQ Kabupaten Asahan H. Ahmad Kosim Marpaung, S.Ag., M.Si dalam tausiahnya menyampaikan pentingnya umat islam untuk memaknai hakikat ibadah qurban sebagai salah satu simbol penyerahan diri dan ketaatan terhadap perintah Allah SWT.

"Saya harap para jamaah untuk dapat menyikapi ibadah kurban sebagai suatu wujud keikhlasan sekaligus kepedulian kepada sesama umat untuk saling berbagi," himbaunya.

Kemudian, Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam keterangannya yang disampaikan Kadis Kominfo H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos., M.Si pada kegiatan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan berharap agar masyarakat dapat memaknai pelaksanaan ibadah qurban sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kecintaan terhadap sesama.

Beliau juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh ASN di setiap OPD atas pelaksanaan ibadah qurban yang tahun ini terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Tahun 2019 ini, Pemkab Asahan menyembelih 110 ekor sapi, 11 ekor kambing dan 22 ekor domba yang merupakan partisipasi dari ASN di setiap OPD di lingkungan Pemkab Asahan serta sumbangan dari Gubernur Sumatera Utara untuk masyarakat," jelasnya.

Ia juga menerangkan bahwa dari hasil penyembelihan hewan qurban tersebut Pemkab Asahan membagikan 7942 paket daging qurban kepada masyarakat yang berada di seputaran kota Kisaran.

"Semoga hasil dari sembelihan hewan qurban ini dapat dinikmati oleh tujuh ribuan kepala keluarga di seputaran kota kisaran dan masyarakat pun dapat turut merasakan daging kurban di Idul Adha tahun ini," tutupnya.*