LABUHANBATU - Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan upaya mendorong kelompok – kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi agar memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.

"Dalam konsep ini, bagaimana pemberdayaan terjadi proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses dan pendayagunaan informasi tersebut melalui kelompok," ujar Kabid Komunikasi Informasi Publik pada Diskominfo Labuhanbatu Utara Eko Suhendro dalam sambutannya pada sosialisasi dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang diadakan di Balai Desa Pasang Lela Kecamatan NA IX – X, Rabu (7/8/2019).

Sementara itu, Bupati Labuhanbatu Utara yang membuka secara resmi kegiatan ini yang diwakili Kadis Kominfo, Sugeng mengatakan, KIM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yakni sebagai wahana informasi, dapat membantu pemerintah dalam penyaluran informasi kepada masyarakat dan sebagai peningkatan Literasi masyarakat bidang informasi serta sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomis.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Labura khusunya Diskominfo yang telah berkenan mengadakan kegiatan ini di desa kami,” ujar kades Fahrudin saat ditengah acara berlangsung.

Kegiatan ini mengambil tema yaitu “Bijak Bersosial Media”. Sugeng sebagai nara sumber mengajak masyarakat Pasang Lela agar membentuk kelompok informasi masyarakat (KIM) yang mana akan bermanfaat bagi anggota KIM itu sendiri, dengan adanya kegiatan KIM ini diharapkan setiap dusunnya terbentuk KIM baru.

Kegiatan KIM ini diikuti 50 orang yang terdiri perangkat desa, Tim PKK, para Pelajar SLTA, kelompok tani, kelompok ternak, dan masyarakat lainnya.