PALAS-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 Kodim 0212/TS bertujuan meningkatkan kemanunggalan personil TNI dengan masyarakat.

Menariknya, bukan hanya terlihat dalam pelaksanaan kegiatan TMMD saja, tetapi juga dalam aktifitas sehari-hari dalam bahu membahu dalam pelaksanaan pekerjaan terlihat semakin kompak.

"Tujuan utama TMMD ini untuk menciptakan bagaimana kemanunggalan TNI dengan masyarakat dapat terwujud. Karena keberadaan TNI tidak bisa lepas dari masyarakat,” ungkap Dandim 0212/TS Letkol Inf.Akbar Nofrizal Yusananto yang juga Dansatgas TMMD ke 105 Kodim 0212/TS usai upacara penutupan TMMD sekaligus penyerahan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh prajurit TNI keoada Pemkab Padang Lawas (Palas) yang diterima Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO).

Menurut Dandim, sudah bermanunggal atau belumnya personil TNI dengan masyarakat bisa dilihat dari sinergitas dalam bekerjasama sewaktu melakukan kegiatan pada program TMMD.

Contoh itu, kata Dandim, dapat dilihat dari pelaksanaan kegiatan TMMD, dimana berkat kerjasama itu pekerjaannya jadi ringan dan semua perencanaan pembangunan fisik maupun non fisik dapat terselesaikan dengan baik sesuai rencana .Salah satunya ,bukti kerja nyata prajurit TNI telah membangun Kemanggisan telah dibuktikan di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Palas.

Begitu juga, lanjut Letkol Inf.Akbar Nofrizal, personil TNI yang tergabung di Satgas TMMD telah membuktikan hal itu kepada masyarakat. Disela-sela kesibukan tugas pembangunan desa tetap meluangkan waktu untuk membantu pekerjaan masyarakat dalam keseharian.Tentu saja harapan kerjasama atau sinergitas ini telah tercipta ditengah masyarakat desa sasaran TMMD. “Walaupun kegiatan TMMD ini telah berakhir. TNI merupakan bagian dari masyarakat, yang tentunya harus selalu siap sedia berada ditengah-tengah masyarakat. Disamping kewajiban TNI mempertahankan keamanan negara dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," Sebut Dandim.

Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) berharap ,dukungan prajurit TNI terus diharapkan dalam mewujudkan pembangunan baik sarana fisik maupun non fisik ditengah masyarakat.

"TNI telah membuktikan kemanunggalan TNI Rakyat dalam wujud kebersamaan melalui program TMMD. Telah terbina secara baik sehingga harus dipertahankan sehingga mewujudkan sinergitas kebersamaan yang kokoh dan kompak,"ujar TSO.*