TOBASA-Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara didampingi Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Samosir Jumat,09/08/2019 laksanakan kunjungan monitoring dan penilaian TP - PKK Desa Dolok Nauli Kecamatan Parmaksian.

Desa Dolok Nauli adalah peraih juara 1 PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja) pada Tingkat Kabupaten Tobasa.atas raihan prestasi tersebut desa Dolok Nauli dipercaya mewakili Kabupaten Tobasa untuk penilaian bidang PAAR yang akan diperlombakan pada Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Hadirnya rombongan TP PKK Provinsi Sumut di desa Dolok Nauli Kecamatan Parmaksian dipimpin oleh Yuniar Marpaung dan didampingi Ketua TP - PKK Kabupaten Tobasa Ny. Brenda Ritawati Darwin Siagian didampingi Kabid PP dan PA Dinas PMDPP dan PA Kab.Tobasa Risma Sitorus.

Setiba dilokasi acara, rombongan Ketua TP PKK Tobasa bersama TP PKK Provinsi Sumut langsung disambut dengan tari tarian sebagai ucapan dan sambutan selamat datang warga desa yang ditampilkan oleh PPAUD Sasapa pimpinan Pandapotan Sirait yang dilanjutkan dengan sambutan koor dari para Lansi serta penampiln sosiodrama oleh warga desa.

Dalam sambutan dan arahannya Yuniar Marpaung mewakili TP PKK Provinsi Sumatera Utara menyampaikan, Pemerintah sangat berkepentingan untuk kesuksesan pelaksanaan program PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja) yang nantinya terus berkelanjutan.

Lanjut Yuniar, tujuan dilaksanakannya program PAAR ini supaya menghasilkan kaum muda sebagai generasi bangsa yang baik dan berkwalitas serta berkarakter di masa mendatang dengan upaya pembentukan sikap,mental, pola pikir dan spritual/kerohanian.

"Dengan pelaksanaan kegiatan ini kita berharap semoga Kabupaten Tobasa berhasil masuk dalam kategori 6 besar dari 16 Besar yang diperlombakan diwakili oleh desa Dolok Nauli 1. Monotoring yang dilaksanakan hari ini untuk mengambil peringkat 6 besar di tingkat Kabupaten/Kota se Prov. Sumut.nantinya kalau desa Dolok Nauli masuk di peringkat 6 besar, TP-PKK Prov. Sumut akan datang lagi pada bulan November/ Desember Tahun ini," terang Yuniar.

Ketua TP-PKK Tobasa Ny. Brenda Ritawati Darwin Siagian dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berupaya keras demi suksesnya penyelenggaraan acara PAAR Desa Dolok NUauli ini,secara khusus disampaikannya ucapan terima kasih Kepada "Camat Parmaksian, Kepala Desa Dolok Nauli, Pokja I binaan Ibu Espon Simanjuntak, Lansia, Pendeta , PT. TPL, PT. BAZRA, atas dukungan dan bantuannya,"katanya.

Camat Parmaksian Paiman Butarbutar,SS falam sambutannya menyampaikan, untuk Desa Dolok Nauli dalam program PAAR ditekankan pada pembinaan Anak dan Remaja.

"Kita jangan hanya menyuruh anak anak tanpa memberikan contoh untuk dilakukannya, sambil menyuruh kita pelototi sperti memaksa membuat anak akan sulit menurutinya. Tetapi kalau kita menyuruh dengan membuat instruksi sembari mencontohkannya berikut dengan mendampingi sang anak untuk dapat mengerjakannya,tentu anak akan lebih bergairah dan semangat. jadi marilah kita berikan contoh yang baik dan benar agar anak dapat meniru kita, "ujarnya dengan penuh semangat.

Tampak dilokasi acara mMewakili PT. Toba Pulp Lestari Jerry Tobing. Ia mengatakan melalui CSR PT. TPL mendukung Desa Dolok Nauli dengan berbagai kegiatan desa."Program Kesehatan, Pendidikan dan Investasi Sosial telah kita realisasikan dan TPL sebagai mitra semaksimal mungkin sudah berbuat untuk masyarakat yakni pembangunan Kantor Kepala Desa ,PAUD juga dukungan untuk pelaksanaan acara ini,"jelas Jerry.

Kepala Desa Dolok Nauli 1 dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas hadirnya TP PKK Provsu serta Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa di Desanya. "Inilah kami warga desa Dolok Nauli 1 dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kami miliki saat ini, dengan hadirnya monitoring oleh TP PKK Provsu akan semakin meningkatkan kwalitas dan kwantitas kami kedepannya sebagai salah satu desa hinaan TP PKK Kab.Tobasa, terima kasih atas kedatangannnya, " jelas Kades.

Diakhir acara diisi dengan pemberian bantuan berupa alat lukis, buku tulis dan boneka kepada beberapa anak anak pelajar PAUD, SD dan SMP mendampingi Kunjungan Yuniar Marpaung Tim TP-PKK Provsu saat monitoring.*