ASAHAN-Kodim 0208/AS bekerjasama dengan Pemkab Asahan melaksanakan pencanangan desa bersih narkoba di Desa Hesaa Perlompongan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, Rabu (7/8/2019).

Kegiatan itu dihadiri oleh Dandim 0208/AS Letkol Inf. Sri Marantika Beruh, perwakilan Kapolres Asahan, Kadis Kesehatan, Ka. Kesbang Linmas, Ka. BNN, Camat Air Batu, Kepala Desa Hessa Perlompongan dan masyarakat setempat.

Dandim 0208/AS dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut karena bentuk keprihatinan bersama terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta penggunaan narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan, sosial-ekonomi serta keamanan dan kedamaian dunia.

Beliau juga menjelaskan bahwa penyalahgunaan narkotika secara nyata juga dapat memicu kejahatan lainnya seperti pencurian dan pembunuhan.

"Situasi yang sangat mengkhawatirkan ini menjadi masalah dunia yang sangat mendesak untuk segera diatasi bersama-bersama. Indonesia berada pada kondisi darurat narkoba. Indonesia saat ini tidak hanya sekedar tempat transit tetapi sudah menjadi salah satu pasar yang besar di Asia. Hal ini terbukti dengan terbongkarnya beberapa kasus penyelundupan narkotika yang mencapai bertonton," pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan, Ka. Kesbang Linmas, Ka. BNN selaku narasumber memaparkan pentingnya partisipasi dari semua pihak untuk mensukseskan program Desa Bersih Narkoba.

"Narkoba merupakan salah satu faktor yang dapat merusak generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa," tuturnya.*