PALAS-PT Mazuma Agro Indonesia (MAI) Kebun Bunut ,Kabupaten Padang Lawas (Palas) Hibahkan tanah seluas 2 Hektar yang diperuntukan untuk lahan Pertapakan Makodim Kabupaten Palas ,Kamis (8/8/2019).

Humas PT MAI Palas Basaruddin .S.Sos mengatakan penyerahan lahan kepada Pemkab Palas seluas 2 Hektar. Selanjutnya dari Pemkab Palas menyerahkan lahan tersebut kepada Korem 023/KS dengan Nomor HGU 100 tahun 1997.

Selain itu Humas PT MAI memohon kepada Bupati Palas agar kiranya dibantu berkaitan dengan prosedur dan agraria pengurangan HGU. Diharapkan, dengan berdirinya Makodim dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan di Palas. "Kami sebagai perusahaan dalam terus mendukung Pemkab Palas dalam meningkatkan investasi di daerah ini ,"kata Basaruddin menyampaikan sambutannya.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) memperkenalkan, Kabupaten Padang Lawas awal dimekarkan dengan UU Nomor :38 Tahun 2007 dan luas serta batas-batas wilayahnya dengan daerah lain Rokan Hulu dan Paluta serta Mandailing Natal (Madina).

Bupati berharap, nantinya Kodim segera terbangun didaerah ini Dan langkah selanjutnya, kata TSO, Pemkab mengajukan sertifikat dan kepada Pangdam I/BB memohon agar pembangunannya dapat segera teralisasi.

Kata TSO dengan harapan, Dandim, Korem dan Pangdam dapat membantu bagaimana proses pembangunannya,meskipun prosesnya begitu sulit. "Sebelumnya Bupati TSO, sudah berkoordinasi dengan Mantan Pangdam, Cucu,"sebutnya.

TSO menambahkan, adanya lahan di Kecamatan Hutaraja tinggi,seluas 10 hektar yang sudah disiapkan, apakah nantinya itu bisa digunakan untuk latihan tembak, penerimaan secapa dan secaba TNi atau Batalyon.

Dikesempatan itu juga TSO mengungkapkan , bahwa diwilayah pertabatasan sangat rawan sebagai jalur lalulintas peredaran Narkoba. Bupati berharap, setelah adanya Kodim hingga Polres di daerah Palas ,akan dapat menangkal peredaran narkoba ,sehingga generasi muda nantinya aman dan terhindar dari berbagai kenakalan serta penyalahgunaan narkoba.

Dikesempatan itu , Danrem 023/KS, Kolonel Inf Tri Saktiyono mengatakan, sebagai pengetahuan, Kodam I/BB memiliki teritorial 4 Provinsi dan memiliki 5 Korem.Dengan lingkup jangkauan kerja, untuk Korem KS, ada 6 Kodim, total keseluruhannya 16 Kabupaten dan 3 Pemko. "Semenatara wilayah Kodim 0212/TS, membawahi 4 Kabupaten serta 1 Pemko," terang Danrem Kolonel Inf.Tri Saktiyono menjelaskan. Lahan pertapakan yang hibah kepada Angkatan Darat,untuk rencana Makodim Palas diharapkan mampu memajukan peningkatan keamanan serta kemajuan pembagunan didaerah ini.

"Kita berharap rencana pembagunan Makodim bisa terwujud seperti apa yang diharapkan bersama oleh semua lapisan masyarakat dan pemerintah setempat," harapnya.

Danrem menambahkan, sedikit gambaran bagi pengetahuan bagi kita semua, bagaimana selanjutnya prosesnya kedepan agar terealisasinya pembangunan Makodim di Kabupaten Palas ini dapat terealisasi dengan cepat sesuai yang diharapkan.

Prosesi penyerahan lahan seluas 2 hektar tersebut, ditandai dengan penanda tangan serah terima hibah dari pihak PT MAI Palas diwakili Humas Basaruddin kepada Pemkab Palas langsung Bupati H.Ali Sutan Harahap ,selanjutnya dari Pemkab Palas menyerahkannya kepada Korem 023/KS yang diterima oleh Danrem Kolonel Inf.Trisaktiyono disaksikan Dandim 0212/TS Letkol .Info.Akbar Nofrizal Yusananto dan Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto serta sejumlah unsur Forkopimda.*