TOBASA-Meriahkan perayaan HUT RI Ke - 74 tahun, Pemerintah Kecamatan Parmaksian dengan Camat Paiman Butabutar,SS melalui Panitia HUT RI ke 74 Kecamatan Parmaksian dengan ketua Panitia Jisman Sitorus bersama Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan (UPTD) Kecamatan ParmaksianToba Samosir gelar berbagai kegiatan lomba olahraga modern dan Olahraga tradisional untuk tingkat pelajar SD, SMP dan SMA se Kecamatan Parmaksian.

Kegiatan lomba dan pertandingan Olahraga Modern dan tradisional di gelar di tanah lapang Kecamatan Parmaksian yang di ikuti 9 Sekolah Dasar, (SD) Negeri/Swasta yakni SD N. 177073 Lumban Sirait, SD N.175811 Pangombusan, SD N. 173641 Siruar, SD N. 173642 Hasahatan, SD N. 176374 Dolok Nauli, SD N. 173652 Tanjung Pasir, SD N. 173643 Pangombusan, SMP Negeri 1 Parmaksin, SMP Swasta Yayasan Bona Pasogit Sejahtera (YBPS) dan SMA N.1 Parmaksian, SMA/SMK Swasta Parulian.

Ka.UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Parmaksian Albert Panjaitan, S.Pd kepada Gosumut di lokasi kegiatan lomba Kamis, (8/8/2019) menjelaskan, untuk pelaksanaan kegiatan lomba dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT RI Ke - 74 Tahun tepatnya 18 Aguastus 2019 nanti, kegiatan lomba olah raga di jajaran UPTD Kecamatan Parmaksian menggelar pertandingan Olahraga, Volli, Lari Marathon 10 KM, lomba Lari 100 Meter dan olah raga tradisonal Enggrang (jalekkat), Lari junjung Botol 50 Meter, Lomba Lari Goni 50 Meter dengan Ketua Panitia Jisman Sitorus Kepala Desa Lumban Sitorus.

Lanjut Ka.UPTD, Kegiatan Lomba pertandingan olahraga se Kecamatan Parmaksian dalam rangka menyambut dan meriahkan Perayaan HUT RI ke 74. Dilaksanakan pada (5/8) dengan kegiatan lomba lari, 10k tingkat Pelajar SD, SMP dan SMA, hari kedua (7/8) memperlombakan pertandingan olah Raga Bola Volly. Hari Kamis,(8/8) memperlombakan Lari 100 Meter, Tarik Tambang, Enggrang (Jalekkat) 50 Meter, Lomba Lari Junjung Botol 50 Meter dan Lomba Lari Goni 50 Meter dan Lomba Lari bawa Klerang dalam sendok untuk tingkat SMP Putra dan Putri.

Ketua Panitia Jisman Sitorus mengatakan, Untuk para juara nantinya akan di umumkan tepat pada hari H pada perayaan HUT RI ke - 74 tepatnya pada 18 Agustus 2019 nanti. Hadiah, Piala dan Piagam sebagai penghargaan bagi para peserta lomba yang berhasil meraih juara 1, 2 dan 3 nanti akan diserahkan usai pelaksanaa Upacara Bendera secara Nasional.

"Paerayaan HUT RI di Kecamatan Parmaksian nantinya akan dirangkai dengan berbagai kegiatan hiburan yang akan di tampilkan para anak didik tingkat PPAUD dan TK, SD, SMP dan SMA/SMK se Kecamatan Parmaksian," jelasnya.

Lanjut Jisman Sitorus, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan peserta Pelaksanaan kegiatan lomba, dilapangan standbay tim medis kesehatan dari Puskesmas Parmaksian di lokasi 1 tim medis kesehatan lengkap dengan peralatan medis dan 1 unit mobil Ambulance dihadirkan mulai dari sejak awal pelaksanaan kegiatan lomba di gelar guna mengantisipasi kejadian tidak terduga bagi para anak didik Peserta kegiatan lomba pertandingan olahraga.*