PALAS-Usai menutup secara resmi program TMMD ke 105 Kodim 0212/TS, Danrem 023 Kawal Samudra, Kolonel Inf. Tri Saktiyono bersama Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) ,Dansatgas TMMD Letkol .Inf.Akbar Nofrizal Yusananto,melakukan peninjauan lapangan kegiatan pembagunan fisik jalan desa mulai dari jalan rabat beton sampai pembukaan jalan penghubung desa Hutaraja Lamo dan Mondang,Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas(Palas) sepanjang 4200 meter.

Disela peninjauan lapangan kegiatan fisik infrastruktur jalan desa Danrem mengingatkan agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara prasarana dan sarana fisik yang ada dibangun melalui program TMMD agar tetap awet dan terpelihara sebagai akses yang mendorong kemajuan perekonomian desa dan masyarakat khususnya.

Selain itu ,Danrem juga berpesan kepada masyarakat untuk terus meningkatkan semangat bekerja dan membangun bersama untuk realisasi membudayakan semangat gotongroyong yang merupakan asli warisan bangsa kita untuk mewujudkan kemajuan pembangunan dan pemerataan disemua lini yang ada.

"Teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa serta jadikan diri sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan dan kemajuan pembangunan diawali dari tingkat desa," kata Kolonel Inf.Tri Saktiyono.

Sedangkan Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan TMMD di Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa.

"Pelaksanaan TMMD ini sejalan dengan visi misi Pembangunan Kabupaten Palas Bercahaya, yang mana program TMMD ini menguntungkan bagi masyarakat kita, seperti pembukaan pembangunan jalan baru desa sebagai akses lalulintas warga , tentunya akses.jalan.ini memudahkan masyarakat untuk mengangkut hasil pertaniannya," kata TSO.

Disela peninjauan lokasi pembukaan jalan baru desa itu .Bupati juga berjanji untuk menindaklanjuti program pembangunan TMMD. "Apa yang belum selesai sepenuhnya dikerjakan akan kita tindaklanjuti, yang nantinya semua bermuara pada percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Selain, itu saat ditanya apakah pembukaan jalan desa melalui program TMMD ini akan ditingkatkan menjadi jalan rabat beton nantinya. "Tentu akan kita tingkatkan dan perhatikan karena sarana jalan merupakan sarana vital bagi masyarakat untuk kemajuan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan yang menyentuh kepentingan warga setempat,"ungkapnya.

Ditanya apakah ada rencana Pemkab untuk membangun jembatan di atas alur sungai yang memutuskan hubungan jalan desa yang dibuka oleh program TMMD, Bupati kembali menegaskan, rencana pembangunan jembatan tersebut akan dimasukan dalam perencanaan Musrenbang Kabupaten ditahun 2020 ,sehingga usulan tersebut dapat tertampung dan terealisasi.

"Aspirasi masyarakat untuk membutuhkan jembatan penghubung antar desa Hutaraja Lamo dan Mondang menjadi perhatian Pemkab ,karena jika adanya jembatan tentu memberikan kontribusi yang bermanfaat guna bagi kelangsungan prekonomian masyarakat akan lebih baik serta kemajuan pengembangan perluasan desa akan terwujud sesuai jumlah penduduknya," pungkas Bupati yang akrab disapa TSO.

Turut dalam kunjungan lapangan kelokasi pembagunan fisk program TMMD tersebut, Kaban PPKAD Palas Harjusli Fahri Siregar ,Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto, sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Palas , Para petinggi TNI dan Babinsa serta Kepala.Desa Hutaraja Lamo Ali Atas Hasibuan serta sejumlah awak Media.*