PALAS-Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah diwakili Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono menutup secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019 Kodim 0212/TS di lapangan SDN 0415 Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas(Palas)., Kamis(8/8/2019).

Turut hadir pada Upacara penutupan Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap, Para Dandim jajaran Korem 023/KS Letkol Inf Tri Saktiyono, Danyon 123/ RW Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, para kasi korem 023/KS dan sejumlah pejabat Kodam I/BB.

Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono membacakan amanat Pangdam I/BB menyampaikan, upacara penutupan TMMD ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-105 yang dilaksanakan secara serentak di enam wilayah Kodim jajaran Kodam I/BB, yakni Kodim 0209/Labuhan Batu, Kodim 0212/ Tapanuli Selatan, Kodim 0313/ Kampar, Kodim 0321/Rohil, Kodim 0304/Agam, dan Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun.

Dikatakan, TMMD yang diprogramkan sebanyak tiga kali di tahun 2019 ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga Negara lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Hal ini tentunya sejalan dengan tema pada pelaksanaan TMMD ke-105 tahun 2019, “Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat."

Pangdam dalam amanatnya juga menegaskan, program TMMD yang telah berjalan sebelumnya, pelaksanaan TMMD ke-105 ini diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan fisik dan sasaran non fisik. Dari segi pembangunan fisik, satgas TMMD beserta seluruh komponen masyarakat telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembukaan jalan baru, peningkatan badan jalan, pembangunan dan rehabilitasi jembatan, rumah ibadah, serta perbaikan rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana untuk masyarakat.

"Untuk itu Pangdam I/BB berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun, sehingga dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat,” ungkap Danrem membaca amanat tertulis Mayjen Sabrar Fadhilah.

Danrem 023/KS juga menyampaikan, selain pembangunan fisik, program TMMD juga melaksanakan pembangunan non fisik, berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, narkoba dan masih banyak lagi, yang diharapkan dapat menimbulkan dampak positif bagi masyarakat, khususnya generasi muda, agar memiliki karakter bangsa, yang mampu mendorong tumbuhnya sikap cinta tanah air, pantang menyerah serta kompetitif demi terciptanya kemandirian bangsa.

Sebelum mengakhiri amanat Pangdam I/BB Mayjen Sabrar Fadhilah secara tertulis menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila selama kegiatan TMMD ini terdapat perilaku atau tutur kata prajurit saya yang kurang berkenan di hati masyarakat.

Kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD, Pangdam I/BB menekankan memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan masing-masing. "Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dalam membantu setiap kesulitan rakyat sekaligus sebagai pendorong motivasi bagi rakyat. Karena TNi lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat," ujar Danrem menyampaikan pesan Pangdam I/BB.

Usai penutupan TMMD Danrem 023/KS Kolonel Inf.Tri Saktiyono bersama Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) didampingi Dandim 0212/TS Letkol Inf.Akbar Nofrizal Yusananto selaku Dansatgas TMMD Kodim 0212/TS ,Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto serta Babinsa dan Pimpinan OPD serta Kepala Desa Hutataja Lamo Ali Atas Hasibuan dan rombongan melaksanakan peninjauan stand pameran, pemberian sembako gratis, pengobatan gratis, Bazar yang diiringi artis ibu kota dan peninjauan lapangan pembagunan fisk jalan rabat beton dan pembukaan jalan penghubung desa Hutaraja Lamo dan Mondang.*