MAKASSAR - Klub PSM Makassar meraih juara Turnamen Sepakbola Piala Indonesia 2018/2019. Sukses ini kian lengkap usai duo pemain tim berjuluk Juku Eja yakni Zulham Zamrun serta Asnawi Mangkualam meraih gelar pemain terbaik dan muda terbaik ajang bergengsi ini. Zulham juga meraih predikat top skor dengan mencetak sepuluh gol bersama dengan bomber Persebaya, Amildo Balde. Zulham dan Asnawi selain meraih trofi pribadi juga mendapat hadiah uang sebesar Rp75 juta.

"Alhamdulillah bersyukur selain membawa PSM juara juga saya mendapatkan gelar pemain terbaik dan top skor. Gelar ini saya dapat tentu berkat bantuan seluruh elemen tim PSM," kata Zulham.

PSM Makassar memastikan gelar juara di ajang Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19, setelah menaklukkan Persija Jakarta dengan dua gol tanpa balas pada final leg kedua di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8). Dengan demikian PSM unggul agregat skor 2-1, lantaran ketika leg pertama di kandang Persija hanya kalah tipis 1-0. PSM pun mengakhiri puasa gelar selama 19 tahun dan akan berlaga di AFC Cup musim 2020 mendatang. 

Sementara, Asnawi yang juga tampil gemilang bersama Pasukan Ramang selama pagelaran Kratingdaeng Piala Indonesia. Bahkan, dirinya sering kali menjadi kepercayaan pelatih PSM, Darije Kalezic, di lini pertahanan.

Torehan dua prestasi itu membuatnya senang. "Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena bisa diberi kepercayaan untuk mendapat gelar pemain muda terbaik, dan saya bangga bisa membawa PSM menjadi juara di turnamen ini," ujar Asnawi.

"Saya sangat terharu bisa membawa PSM juara. Ini kampung halaman saya, saya sudah tiga tahun bermain di sini, dan tahun ini baru bisa jadi juara," tambah pemain Timnas Indonesia U-22 itu.

Distribusi Gelar di Piala Indonesia 2018/19:

Pemain Muda Terbaik: Asnawi Mangkualam Bahar (PSM)

Pemain Terbaik: Zulham Zamrun (PSM)

Top Skor : Amido Balde (Persebaya) & Zulham Zamrun (PSM) 10 gol

Tim Fair-play: Madura United FC

Peringkat Ketiga: Madura United dan Borneo FC

Runner up: Persija Jakarta

Juara: PSM Makassar.