PALAS-Siswa SMA Negeri Barumun Tengah Kecamatan Batumun Tengah Kabupaten Padang Lawas (Palas) Saddam Husein Harahap asal Desa Pasir Ulaktano Kecamatan Huristak menjadi Duta Utusan Kabupaten Palas ke Provinsi Sumut dalam pertukaran siswa Nusantara Tahun 2019.

Demikian disampaikan Drs Maradoli Hasibuan, Sekretaris Cabang Dinas (Cabdis) Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Gunungtua, Rabu (7/8/2019).

Dikatakannya, siswa SMAN Barteng Kabupaten Palas menjadi duta ke pertukaran siswa SMA/SMK/SLB dalam program siswa mengenal nusantara tahun 2019 yang diselenggarakan di 34 Provinsi seluruh wilayah Indonesia.

Kata Maradoli, program kegiatan pertukaran siswa mengenal nusantara bertujuan menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada siswa tentang keragaman dan kekayaan nusantara.

Lebih dari itu bahkan potensi daerah juga akan diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintah dan masyarakat di wilayah provinsi yang di kunjungi, termasuk Provinsi Sulawesi Tengah.

Maradoli menambahkan, sebelum diberangkat siswa diberi pembekalan di Grand Central Medan bekerjasama dengan perusahaan PTPN IV.

Saddam Husein Harahap, siswa SMA Barumun Tengah yang terpilih itu merupakan anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan keluarga kurang mampu Erwin Harahap dengan Roida Siregar.

"Ia memiliki prestasi akademis dan non akademis, baik seni budaya, menari, bernyanyi dan olahraga bela diri," terang Maradoli.

Kepala SMA Negeri Barumun Tengah , Hilman didampingi Wali Kelas Nova Ariani mengatakan, Saddam termasuk siswa yang berkepribadian di sekolah, mudah bersosialisasi, bersahaja dan memiliki budi pekerti yang baik sehingga layak menjadi duta utusan pelajar ke pertukaran pengenalan nusantara.*