LABUHANBATU - Tim Wasev (Pengawasan dan Evaluasi) PJO TMMD Ke-105 dari Mabesad Jakarta menilai bahwa dengan rasa kebersamaan antara TNI dan seluruh komponen Masyarakat kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 Kodim 0209 Labuhanbatu yang dilaksanakan di Desa Cinta Makmur, Kecamatan Panai Hulu sudah mencapai target. Demikian disampaikan Tim Wasev dari Mabesad Letkol Inf Awal Nur (Koorsahli Pusterad) saat bertatap muka dengan warga masyarakat Desa Cinta Makmur, Kecamatan Panai Hulu, Selasa (6/8/2019) di Lapangan Bola Desa Cinta Makmur setelah mendengarkan paparan pelaksanaan TMMD Ke-105 dari Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko CH di Pos Kotis TMMD.

"Kegiatan kami di sini hanya untuk melihat sudah sejauh mana pelaksanaan kegiatan TMMD yang dilaksanakan. Hasil paparan dari Kodim tadi yang diwakili Kasdim, kami dari tim bisa melihat bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan itu sudah mencapai target, terutama saya melihat itu rasa kebersamaan, rasa semangat kebersamaan, rasa gotong royong, rasa kekeluargaan. Di mana saya lihat tadi saat Kasdim memberikan paparan bahwa anggota Satgas itu tidurnya di rumah masyarakat, ini bisa kita rasakan bahwa rasa kekeluargaan itu bisa tercipta dengan baik," ungkap Letkol Inf Awal Nur.

Dirinya juga menilai partisipasi masyarakat bersama seluruh komponen cukup dan sangat baik sekali.

"Kenapa saya bilang sangat baik, karena semua kegiatan berjalan lancar, baik itu dalam pembuatan jalan, pembuatan dwiker atau jembatan yang sifatnya tidak terlalu panjang, semua itu mencapai sasaran yang diinginkan, tapi yang lebih penting lagi yaitu rasa semangat kebersamaan," jelas Letkol Inf Awal Nur.

Menurutnya, TNI Manunggal Membangun Desa itu sebenarnya yang diarahkan yaitu, bagaimana masyarakat itu ada rasa kebersamaan.

"Kalau masyarakat dengan TNI tidak ada rasa kebersamaan pasti negara kita ini akan lemah, tapi dengan adanya kebersamaan kita sehingga tercipta ketahanan wilayah itu kuat sekali dan pembangunan kita pasti lancar," terangnya.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan anggota satgas telah bekerjasama, sehingga sasaran fisik bisa terlaksana dengan baik dan sudah memenuhi target yang telah ditentukan dan ini tolong dipertahankan agar memperlancar perekonomian rakyat di daerah ini," timpalnya.

Dirinya berperan agar semuanya tetap dipelihara dan ditingkatkan terus.

"Mungkin dari Kodim, Danramil bisa mengambil waktu untuk melaksanakan karya bakti sehingga apa yang sudah dilaksanakan ini bisa terpelihara dengan baik dan informasi yang saya terima dari Kadis PU rencananya jalan ini akan diaspal, sehingga kalau diaspal akan lebih bagus lagi dan perekonomian akan semakin lancar," jelasnya.

Plt. Bupati Labuhanbatu yang diwakili Kepala Dinas PUPR, H. Muhammad Safrin dalam sambutannya mengatakan, Labuhanbatu ini kaya dengan alam, tapi miskin dengan infrastruktur.

"Nah ini semua diinginkan masyarakat bagaimana nanti TNI ini tetap hadir di tengah-tengah kami atau di tengah masyarakat Kabupaten Labuhanbatu dalam rangka untuk membangun semua infrastruktur yang ada di Labuhanbatu," harapnya.

Dirinya juga menilai begitu besarnya harapan masyarakat dalam berpartisipasi bersama TNI untuk membangun daerah. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam hal ini sangat mendukung kegiatan TMMD ini. Bahkan, kalau ada kegiatan sasaran TMMD yang lebih panjang, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu siap mendukung khususnya Dinas PU, yang selama ini memang Dinas PU ini tetap berkoordinasi dengan pihak Kodim untuk mencari sasaran-sasaran yang akan dijadikan program untuk TMMD.

“Kami masyarakat Kabupaten Labuhanbatu sangat-sangat berterimakasih kepada TNI dan Polri dalam rangka membangun, tidak hanya membangun infrastruktur yang ada, tapi juga membangun mental masyarakat, tentunya dengan beraneka ragam penyuluhan-penyuluhan yang telah dilakukan kepada masyarakat, ini bisa menimbulkan tempahan mental di masyarakat untuk menjadi masyarakat yang lebih baik dan lebih mandiri yang nantinya diharapkan masyarakat ini bisa menjadi masyarakat desa yang maju dan mandiri,” jelas Safrin.

Sementara, Kasiter Korem 022/PT Letkol Inf Sultan Lubis atasnama Danrem 022/PT mengatakan, Program TMMD salah satu bentuk operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu dilaksanakan secara lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen bangsa, semuanya diharapkan dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik dan non fisik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Melalui pelaksanaan TMMD Ke-105 Kodim 0209 Labuhanbatu ini, saya memberikan apresiasi kepada seluruh prajurit, masyarakat dan tentunya Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam pelaksanaan TMMD kali ini yang tepat dan mampu menjaga semangat gotong royong," sebut Sultan Lubis.

Kunjungan Tim Wasev dari Mabesad Letkol Inf Awal Nur (Koorsahli Pusterad) tersebut turut di dampingi Lettu Inf Hartono (Paurren Wasev Spaban 5 Bakti TNI Sterad) dan Tim Wasev dari Kodam I/BB Kolonel Inf Yuswanto (Pa Ahli Kodam I/BB) tersebut turut didampingi Keban Kesbang Pol Hasnul Basri, Kadis Pertanian Agussalim Ritonga, Kadis Sosial Labuhanbatu Sofyan Effendi Harahap, Camat dan Unsur Muspika Panai Hulu yang diawali dengan kegiatan mendengarkan paparan dari Kasdim 0209/LB dilanjutkan dengan kegiatan tatap muka dengan masyarakat, peninjauan pelaksanaan kegiatan KB dan peninjauan lapangan.