JAKARTA - Lima jam berlalu setelah listrik di Jakarta padam. Di sejumlah wilayah yang tidak menggunakan genset, listrik belum kembali mengalir. Warga Kramat Jati, Jakarta Timur, Ami, mengatakan listrik di rumahnya masih padam pada Minggu (4/8/2019) pukul 17.00 WIB. Siang tadi, listrik padam sekitar pukul 11.50 WIB.

Hal yang sama dialami warga Depok, Ahmad. Sejumlah warga pun memilih meninggalkan rumah dan menghabiskan waktu di mal yang memiliki genset.

Listrik padam juga masih dialami Aninda, penghuni salah satu apartemen di Jakarta Selatan. Genset di apartemen tersebut hanya memfasilitasi fasilitas umum. Senada dengan warga lain, warga Bekasi bernama Kiki juga bertahan dalam kondisi listrik padam.

Sebelumnya diberitakan, listrik padam massal hari ini adalah akibat gangguan transmisi Ungaran-Pemalang dengan kapasitas 500 kV.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan gangguan tersebut mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti terlepasnya jaringan (trip) transmisi semua pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat, dan Jawa Tengah mengalami pemadaman.

Imbas dari pemadaman ini, sejumlah moda transportasi tidak beroperasi. Jalur komunikasi juga sempat mengalami gangguan.***