PALAS-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 105 Kodim 0212/Tapsel adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan suatu daerah demi mensejahterakan masyarakat.

Penegasan itu diungkap Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) H.Ali Sutan Harahap (TSO) saat diminta tanggapannya terkait kegiatan program TMMD di Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang ,Kecamatan Sosa,Sabtu (3/9/2019)di Sibuhuan.

Selain itu, kata Bupati, program TMMD juga sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI Rakyat serta merubah mental masyarakat untuk peduli gerakan pembangunan yang berdampak meningkatkan prekonomian masyarakat.

Kata TSO, program TMMD ini sebagai bentuk keharmonisan dan kebersamaan atau kemanunggalan TNI-Rakyat. Hal yang selama ini menjadi salah satu pilar tetap tegaknya NKRI dan merupakan suatu kekuatan dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, pengangguran pembangunan SDM dan lainnya.

Bupati juga berpesan kepada pimpinan OPD serta pemerintah desa untuk terus meningkatkan partisipasi dalam mendukung kesuksesan program TMMD.

Dirinya juga berharap, masyarakat desa semakin cerdas, terampil, kreatif dan inovatif serta mempunyai kualitas sebagai modal dasar membangun desanya agar hidup secara leih baik, sehat dan sejahtera.

“Melalui TMMD ini kita harapkan peningkatan di bidang pendidikan, kesehatan maupun pembangunan bisa lebih baik. Jadi mari kita optimalkan kegiatan ini sebaik mungkin,” ungkap Bupati TSO.

Bupati menambahkan, jika sinergitas lintas sektoral dan kemanunggalan rakyat bersama TNI dapat terealisasi dengan baik, maka akselerasi pembangunan infrastruktur umum di daerah pedesaan terpencil atau daerah terisolir memiliki kualitas yang maksimal.

"Mari kita bersama-sama dorong dan bersinergitas dalam membangun daerah yang lebih baik, mewujudkan Kabupaten Palas yang beriman, cerdas ,sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya) ," harapnya.*