PALAS-Warga Desa  Subulusalam  dan Desa Handangkopo Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) meminta pihak Kepolisian Sektor Barumun dan Satpol PP kabuapeten Palas ,menertibkan Lopo Tuak dan Cafe esek -esek yang beroperasi di dua desa tersebut.

Atas dasar laporan ibu-ibu perwiritan dari dua tersebut ,kepada pihak Kepolisian Sektor Barumun menyampaikan  aspirasinya agar kafe esek-esek yang semakin menjamur di.wilayah desa  segera ditertibkan.

Setelah menerima laporan dari ibu perwiritan tersebut ,personil Binmas Polsek Barumun bersama personel Satpol PP terjun kelokasi dan menertibkan cafe esek.milik Hasibuan dan lopo tuak milik R.Harahap yang beroperasi di desa Handangkopo ditertibkan oleh petugas, Jumat(2/8/2019).

  Sebelum ke desa Handangkopo, personel gabungan Polisi dan Satpol PP telah menertibkan terlebih dulu lopo tuak di lokasi Desa Subulusalam. Dari lokasi  lopo tuak ini ,petugas menemukan berupa kartu joker, angka tebakan judi  Kim, Togel,koin dindong dan tuak sebanyak satu jiregen dan kartu domino.

Kasat Satpol PP Kabupaten Palas Rony Saiful melalui Wildan  mengatakan, menjamurnya lopo tuak dan cafe terselubung cukup meresahakan warga sehingga ditertibkan untuk  melakukan penegakkan Peraturan daerah (Perda).

"Secara persuasif hingga penindakan akan tetap kita lakukan untuk  memberantas penyakit masyarakat. (Pekat)”tegas Wildan. "Dengan adanya Perda No 7 Tahun 2015 tentang prostitusi serta Perda No 9.Tahun 2018 tentang penertiban sosial tersebut, kata Wildan ,pihak Satpol PP  selaku penegak Perda sudah bisa melakukan eksekusi atau menertibkan seluruh tempat cafe -cafe terselubung  yang memang tidak memiliki izin,"tegasnya.

Kapolsek Barumun melalui Kanit Binmas Aiptu Saipul Bahri  ditemui usai menertibkan Lopo tuak dan cafe terselubung mengatakan, pihak merespon dengan cepat aspirasi warga tersebut.

  Dia juga menilai, keberadaan lopo tuak dan cafe -cafe esek-esek terselubung memang sudah sangat meresahkan masyarakat. “Masyarakat sudah banyak melapor ke kami sehubungan dengan tempat cafe esek -esek terselubung yang beroperasi didesa sehingga kita harus  ditindak,"tambah Saipul.*