TOBASA-Demi ingin mengetahui perkembangan UKM dan komoditi pertanian di Belgia dan Luxemburg, Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian akan menghadiri Forum Bisnis di Belgia dan Luxemburg.

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dengan Sekretaris Jenderal Dr. H. Najmul Akhyar, S.H, M.H Bupati Lombok Utara melalui suratnya Nomor : 065/ADM/DP-APKASI/III/2019 tertanggal 6 Maret 2019 sebagai pemberitahuan awal untuk penyelenggaraan Forum Bisnis di Belgia antara Anggota APKASI dengan para Pengusaha Belgia dan Luxemburg.

"Untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan Forum Bisnis disarankan supaya Bupati didampingi oleh pejabat Daerah dan pengusaha lokal daerah terkait, untuk mengikuti forum bisnis yang mempertemukan pengusaha lokal dan para pelaku usaha di Belgia dan Luxemburg.

Kabag Humas dan protokoler Pemkab Tobasa Robinson Siagian Jumat, (2/8/2019) di ruang kerjanya kepada Gosumut menyampaikan, kegiatan yang dihadiri Bupati Tobasa di Belgia dan Luxemburg merupakan tindak lanjut dari kunjungan APKASI ke KBRI Belgia sebelumnya.

Pada saat itu para pelaku usaha Belgia dan Eropa menginginkan informasi tentang komoditi - komiditi Kabupaten di Indonesia seperti yang dimintakan fokus komoditi forum bisnis diusulkan adalah Kopi, Kakao, Produk Kayu, Kelautan dan Perikanan.

Lanjut Kabag Humas, kegiatan forum Bisnis yang dihadiri oleh Bupati Tobasa saat ini di Belgia merupakan kerja sama antara APKASI dengan KBRI Belgia dan Luxemburg yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Juli s/d 4 Agustus 2019 yang dilaksanakan di Belgia dan Luxemburg.

"Informasi yang kita dapat untuk pelaksanaan kegiatan tersebut tidak semua Bupati dari NKRI yang yang menjadi peserta dalam pelaksanaan kegiatan Forum Bisnis di Belgia dan Luxemburg tersebut, peserta untuk Forum Bisnis tersebut hanya 50 Kepala Daerah (Bupati) dari seluruh NKRI," jelasnya.*