PALAS-Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera melakukan proses tender proyek bersumber dana DAU sebesar Rp130 miliar.

"Perencanaannya sudah siap, Agustus ini sudah bisa dilakukan proses lelang," kata Kadis PU Harry Rizal Hasibuan,Kamis (1/8/2019).

Proses lelang yang akan dilakukan Agustus ini,kata Rizal, akan meliputi berbagai jenis proyek termasuk diantaranya peningkatan jalan jalur dua sisupak latong sebesar Rp8 miliar dengan panjang 2 Km.

Selain itu proyek penigkatan jalan simpang provinsi menuju Tanjung Baringin sebesar Rp4 miliar sepanjang 1 Km, dengan lebar 4 dan 3 meter. "Seluruh paket proyek yang akan dilelang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) prosesnya tetap melalui LPSE," kata Rizal.

Khusus DAK ,sambung Rizal, tahun ini Palas mendapat alokasi Rp 60 milyar. Perolehan dana DAK tahun ini termasuk meningkat dari tahun sebelumnya. Malah terbesar dari kabupaten/kota se-Tabagsel.

Rizal mengungkapkan, percepatan proses lelang tahun ini adalah bagian dari komitmen Dinas PU untuk mempercepat serapan anggaran.

Selain itu diharapkan percepatan proses lelang proyek, bisa mempercepat laporan Pemkab Palas kepada Kementerian PU dan Keuangan di Jakarta terhadap realisasi dana DAK maupun DAU tahun ini.

“Sumber DAK sudah selesai lelang, saat ini sumber dari DAU akan kita upayakan proses lelang dipercepat," terang Kadis PU Palas Ditambahkan dia , tujuan proses dipercepat karena bagaimana perbaikan infrastruktur baik jalan dan bangunan perkantoran bisa cepat dimanfaatkan dan dirasakan masyarakat manfaatnya, sebagai bagian dari pelayanan publik,” timpalnya Rizal.

Ditempat terpish , Kepala Unit Layanan Pengadaan Ahmad Fauzi.SH mengatakan, pelaksanaan tender direncanaka. Minggu ini akan segera terlaksana.

Diterangkan dia ,proses ,tender yang dilelang sumber Dana Alokasi Umum (DAU) ,sebelum sumber DAK telah selesai ditenderkan . "Pihak ULP ,sudah siap melaksanakan tender ,kita tinggal menunggu dokumen dari PPK masing -masing OPD kerja yang melasnakan tender Pokja dari OPD ,"tandasnya.*