PALAS-Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengajak, elemen masyarakat ikut berperan pembrantasan penyakit masyarakat (Pekat) di daerah tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua MUI kabupaten Padang Lawas, H. Ismail Nasution, Lc, M.TH pada pertemuan rapat koordinasi dengan seluruh stake holder dalam rangka penanganan serta pemberantasan penyakit masyarakat di Palas di sekretariat MUI Palas,Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Jum'at (2/8/2019).

Kata H Ismail, bahwa tempat maksiat di daerah ini masih marak dan ramai dikunjungi. Bahkan kondisi ini juga menimbulkan persoalan-persoalan sosial ditengah masyarakat.

Apalagi belakangan ini ,lanjut dia, banyak masyarakat yang mengadukan ke MUI Padang Lawas baik secara pribadi maupun kelompok, terkait maraknya penyakit masyarakat.

"Dinas sosial telah melakukan pembinaan terhadap wanita tuna susila yang ditangkap dan diamankan Satpol PP saat melakukan razia tempat lokasi yang.diduga sebagai lokasi maksiat," kata Indra.

Sementara Wildan mewakili Kasatpol PP Padang Lawas menegaskan, telah sering melakukan tindakan penertiban, baik dengan aparat kepolisian, MUI maupun oraganisasi kepemudaan.

Namun diakuinya, sampai saat ini kegiatan yang mengundang penyakit masyarakat tersebut masih terus berlangsung disejumlah lokasi lokasi cafe terselubung.

Ditegaskan Wildan, ada 35 titik lokasi tempat maksiat yang terpantau dan telah diperingati, baik yang ada di kecanatan Barumun, Sosa, Ulu Barumun, Lubuk Barumun, Sosopan, Aeknabara Barumun, dan Barumun Tengah.

Sementara dari HMI menyampaikan, bahwa sudah beberapa kali kejadian penertiban tempat maksiat, bahkan massa turun ke lapangan meratakan tempat maksiat.

Dan telah ada perda tentang penertiban perdagangan minuman keras ( miras ) dan tempat-tempat maksiat. Namun penegakan perda tersebut dinilai tidak maksimal.

Kapolsek Barumun, Eddi Sudrajat, SH diwakili Kanit Reskrim, Mhd. Taufik Siregar, SH menyambut baik upaya MUI dalam hal penertiban penyakit masyarakat di wilayah kabupaten Padang Lawas.

Dalam pertemuan itu turut hadir ,Utusan Kemenag Padang Lawas, Satpol PP, Poksek Barumun, Koramil 08 Barumun, Pimpinan Pondok Pesantren, HMI, PMII, MUI kecamatan se kabupaten Padang Lawas.*