TOBASA-Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa Ny Brenda Rita Wati Drawin Siagian dukung suami sebagai Kepala Daerah Bupati Toba Samosir dengan menciptakan program kegiatan bercocok tanam atau berkebun memanfaatkan lahan kosong menjadi produktif dan beternak ayam.

Ny Brenda saat disambangi Gosumut di rumah Dinas Jalan Sutomo Pagar Batu Balige komplek kantor Bupati Jumat, (2/8/2019) bertutur, janganlah kita sebagai istri pejabat menjadi gengsi untuk memegang tanah. "Karena biar bagaimanapun dari tanah inilah sumber penghidupan dan kehidupan manusia," jelasnya mengawali pembicaraan dengan Gosumut.

Lanjutnya, dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak akan pernah lepas dari tanah. Pada dasarnya manusia tetap melihatnya, meginjaknya, memperhatikannya, dan bahkan menggunakannya sebagai sumber kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada atau tinggal.

"Saya selaku Ketua TP PKK Tobasa memanfaatkan tanah disekitaran rumah Dinas Bupati ini dengan sebaik-baiknya dengan cara mengolah tanah tersebut untuk dijadikan perkebunan dengan tanaman jagung, Sayuran, Bawang, Marquisa dan sebagian lokasi saya tanami Bunga untuk keindahan lokasi belakang rumah Dinas dan menghindari tumbuhnya semak belukar,"jelas Ny Brenda.

"Selain berkebun jagung dan beberapa tanaman lain di lokasi tanah sekitaran rumah Dinas, saya juga membuat usaha peternakan ayam.peternakan ayam yang saya usahai saat ini, pakannya dari hasil kebun. Jagung yang dihasilkan dari kebun tidak dijual, semua buah jagung hasil dari kebun diolah menjadi pakan ternak ayam, jadi kita berkebun jagung tetapi hasilnya ayam,"terangnya sembari mengajak Gosumut memantau lokasi kandang ternak ayam miliknya yang saat ini berjumlah +_ 2000 ekor ayam yang sudah berusia 3 bulan dan hampir sudah siap dijual, dan 100 Ekor induk Petelur serta 300 Ekor anak ayam yang berusia 2 Minggu.

"Saya selalu berharap dan tetap menyarankan dalam setiap acara kegiatan PKK di setiap Kecamatan dan Desa supaya lebih mengetahui dan memahami betul akan potensi yang bisa di hasilkan daerah masing masing," imbuhnya.

Dalam setiap pertemuan seluruh anggota TP PKK tetap kerja sama dan berbagai ilmu dan saling koordinasi dalam hal pembuatan berbagai jenis kerajinan tangan yang berbahan dasar dari alam, salah satunya dari buah atau Bunga Pohon Pinus dan kerajinan tangan lainnya.

"Kepada warga kita tetap mendorong dan memberi motifasi semangat dalam hal kerajinan tenun, pembuatan berbagai jenis kuliner dan minuman yang tentunya harus berbahan dasar buah buahan dari hasil kebun rakyat sendiri untuk menjadi ciri khas makanan/minuman dari daerah Tobasa untuk pendukung pariwisata kita kedepan.

Kerajinan tangan berbahan dasar buah/bunga pinus ini bisa diolah dan dirangkai menjadi sebuah karya seni yang berharga dan memiliki nilai jual, sembari menunjukkan contoh hasil karya seni dari Buah/Bunga Pohon Pinus yang sudah siap dirakit dan di beri warna dan kelak bisa di rangkai menjadi berbagai jenis Bentuk bunga dan Pohon Natal.

"Melalui berbagai kegiatan PKK, tetap kita sosilisasikan dan arahkan supaya kaum ibu ibu PKK bisa menciptakan karya seni yang bernilai jual tinggi tentunya untuk mendukung suami dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kerjanya di Pemerintahan. Untuk mengembangkan ini, saya selaku Ketua TP PKK Kabupaten membuat kegiatan lomba karya seni untuk semua TP PKK Kecamatan dengan hadih uang dari berbagai sponsor dan Piala Tropi serta berbagai hadiah Hiburan lainnya.kegiatan ini sudah 2 kali kita laksanakan dan pernah dimenangkan Porsea, Desa Silamosik juga dari beberapa Kecamatan lainnya," imbuhnya.

"Oleh karena itu, selayaknya tanah mendapat perhatian dari kita, tentunya semua itu untuk kesejahteraan hidup kita, untuk itu kita perlu menjaga kelestarian tanah dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, janganlah justru yang di lakukan manusia menjadi hal yang merugikan keberadaan dari tanah, karena jika manusia merusak dan tidak memanfaatkannya dengan baik secara positif, manusia merusak kehidupannya sendiri. Kita mempunyai pandangan kedepan untuk mengolah tanah di sekitar lingkungan kita agar menjadi sesuatu yang menghasilkan, bukan hanya kita lihat, tetapi kita segera mengerjakannya baik itu kita kelola untuk bidang pertanian bahkan di bidang lainnya," harap Ketua TP PKK Kabupaten Toba Samosir ini.*