PALAS-Akses jalan desa terbuka melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Kodim 0212/TS , Masyrakat mulai merasakan gerakan pertumbuhan geliat pembangunan ekonomi masyarakat pedesaan bangkit secara perkapital.

Hal tersebut mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas) seiring dengan pembukaan jalan penghubung desa Hutaraja Lamo dan Mondamg sepanjang 4200 meter dengan lebar badan jalan 8.meter melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD ) ke 105 Kodim 0212Tapsel.

Sebelumnya, produksi hasil perkebunan dan pertanian masyarakat didesa tersebut sangat sulit diakses dengan kendaraan bermotor roda empat dan truck. "Karena kondisi jalan tanah yang sempit dan rusak membuat kalangan petani sulit mengangkut hasil panen seperti kelapa sawit dan getah karet keluar dari lokasi kebun," kata Kepala Desa Hutaraja Lamo, Ali Atas Hasibuan.

Sejak adanya program TMMD, kata Ali Atas, kondisi tersebut berubah di Desa Hutaraja Lamo. "Saat ini warga mulai menikmati sarana akses yang dibangun sebagai akses lalu lintas untuk mengangkut hasil produksi panen perkebunan secara perlahan telah memberikan manfaat untuk mendukung kelancaran roda ekonomi masyarakat setempat Hasil perkebunan para petani nantinya akan semakin mudah diangkut ke sentra-sentra pemasaran terdekat. Dengan pembangunan infrastruktur jalan desa tersebut ,tentu roda ekonomi di desa perlahan menggeliat dan diharapkan terus berpengaruh bagi kesejahteraan masyarakat," ungkap Ali Atas Hasibuan.

Selain itu, lanjut dia, manfaat pembangunan jalan desa sepanjang 4200 meter dengan lebar badan jalan 8 meter ini nantinya, sangat mendukung perekonomian usaha masyarakat.

"Masyarakat sangat respons terhadap pembangunan infrastuktur jalan tersebut karena sangat positif mendukung perkembangan usaha prekonomian warga ,"ujarnya.

Dukungan masyarakat terhadap program TMMD ditunjukkan dengan terlibat langsung ikut bergotong royong pada berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di desa mereka.*