Sidang Isbat Kemenag: Idul Adha Jatuh pada 11 Agustus 2019

Sidang Isbat Kemenag: Idul Adha Jatuh pada 11 Agustus 2019
Kamis, 01 Agustus 2019 19:57 WIB
JAKARTA - Pemerintah menetapkan 1 Zulhijah 1440 Hijriah jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019. Dengan demikian, 10 Dzulhijjah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 11 Agustus mendatang. Penetapan tersebut berdasarkan sidang isbat awal Zulhijah 1440 Hijriah yang dilaksanakan di kantor Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (1/8).Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin selaku pimpinan sidang mengatakan, laporan posisi hilal oleh anggota tim Kemenag ditetapkan bahwa hilal berdasarkan hisab dua derajat empat menit sampai dengan tiga derajat 57 menit. Untuk di lakukan konfirmasi, maka dilakukan rukyat ketiga yang pada saat ini 92 titik. Dia menjelaskan terdapat 10 titik yang terlihat langsung hilal.

"Kita putuskan 1 Juli Zulhijah hari Jumat 2 agustus 2019 dengan begitu bahwa 10 Zulhijah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu, tanggal 11 Agustus 2019. Itulah hasil sidang isbat malam ini dalam rangka penetapan satu Zulhijah," kata Amin di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Turut hadir dalam sidang isbat, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia, duta besar dari negara sahabat, anggota Komisi VIII DPR, serta pejabat dari Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Perwakilan dari Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar ilmu falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga akan menghadiri sidang isbat awal Zulhijah 1440 Hijriah.***
Ads
Editor : Muslikhin Effendy
Sumber : Merdeka.com
Kategori : Gonews Group, Peristiwa, Pemerintahan
www www