PALAS-"Kelucuan anak usia belia yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) mengingatkan anak saya di rumah, capek pun jadi hilang. Terima kasih buat anak-anak ini yang telah mengapresiasi semangat membangun negeri."

Penuturan inilah disampaikan Serda Hotman Siregar, Selasa (30/7/2019) ,saat disambangi sejumlah pelajar SD Hutaraja Lamo ,Kecamatan Sosa ,Kabupaten Padang Lawas(Palas) di kesibukannya bekerja untuk pembagunan jalan penghubung desa Hutaraja Lamo dan Mondang sepanjang 4200 meter yang diperkirakan akan rampung dalam waktu dekat.

Menurut Serda Hotman, anggota Satgas TMMD Kodim 0212/Tapsel , kehadiran siswa SD ini malah menjadi pendorong semangat kerja untuk segera menyelesaikan kegiatan pembukaan jalan desa yang jadi sasaran kegiatan TMMD reguler 105 di wilayah Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Tanpa rasa sungkan dan takut para pelajar SD Desa Hutaraja Lamo ,Kecamatan Sosa sambangi prajurit TNI yang sedang bekerja di desa mereka.

Kedatangan anak-anak usia belia ini disambut dengan senyum dan sapa oleh Serda Hotman Siregar. Sehingga mengundang keakbaran tak ubahnya ayah dengan anak. Dikatakan, wajar sekali anak seusia mereka memiliki rasa ingin tahunya sangat tinggi, termasuk melihat tentara sedang melakukan pekerjaan.

Selain itu,lanjut Serda Hotman, ingin menonton alat berat di lokasi kerja yang jarang mereka lihat selama ini. Pasalnya, anak desa sangat jarang melihat alat berat seperti Eskavator dan Bomax masuk Kedesa mereka ,sehingga mengundang pertanyaan bagi mereka untuk apa alat ini digunakan.

"Anak -anak ini telah memberi motivasi bagi kita sebagai anggota Satgas TMMD untuk terus bekerja merampung program pembagunan yang akan mereka nikmati.nantinya,"ungkap Serda Hotman disela kegiatan pekerjaannya.

Sebaliknya ,tanpa rasa sungkan dan takut anak anak pelajar SD ini menanyakan berbagai macam hal kepada dirinya sebagai anggota Satgas TMMD menjawab pertanyaan anak anak tersebut ,Serda Hotman dengan sabar dan tersenyum menjelaskan seputar tujuan kegiatan TMMD maupun cara prajurit bekerja untuk membangun desa mewujudkan pemerataan pembagunan dan manfaat bagi masyarakat.

Serda Hotman dengan senyum.sembari menyapa anak anak dengan pertanyaan. "Kalau sudah dewasa nanti ,bercita -cita ingin jadi apa ?" Dengan lugas secara serentak anak -anak usia belia itu menjawab 'Ingin Jadi Tentara seperti Bapak yang ramah dan baik " ujar Serda Hotman menirukan ucapan anak.anak SD tersebut.

Mendengar jawaban anak -anak SD tersebut ,Hotman berpesan, kalau mau jadi Tentara harus rajin belajar, saling menyayangi dengan teman serta patuh kepada orang tua dan guru.

Usai mendengar pesan Serda Hotman ,anak anak pelajar SD berpamitan meninggalkan lokasi kegiatan karena mau pulang kerumah orang tua mereka.*