BANGKOK - Tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito berhasil melangkah ke babak kedua Turnamen Bulutangkis Thailand Open 2019 usai merebut kemenangan dari Lucas Claerbout, pemain jebolan babak kualifikasi asal Perancis. Pada pertandingan yang berlangsung di Huamark Indoor Stadium, Rabu, 31 Juli 2019, Shesar berhasil menang dengan skor 23-21, 20-22, 21-13. Sempat unggul match point 20-14 di game kedua, perolehan angka Shesar tersusul oleh Claerbout. Rentetan smash keras yang dihujankan Shesar ke arah pertahanan lawan ternyata menjadi bumerang untuknya.

"Sebenarnya mainnya sudah benar, dari strateginya juga. Tapi saya kurang sabar, maunya smash terus, bukannya kayak di awal permainan, saya sudah ketebak lawan dan malah terus mati-mati sendiri, banyak smash ini jadi bumerang buat saya. Defense lawan juga bagus," jelas Shesar soal penampilannya hari ini.


Shesar sudah ditunggu oleh pemain senior Tiongkok, Lin Dan. Kedua pemain belum pernah saling berhadapan satu sama lain.

"Kalau lawan Lin Dan, semua harus maksimal, karena dia pemain yang matang. Nggak boleh kalah di mentalnya, harus berani dulu mengeluarkan semua kemampuan saya. Walau dia sudah tidak muda tapi permainannya matang, dan tidak mudah untuk dihadapi," ujar Shesar kepada Badmintonindonesia.org.

"Tidak ada beban, justru saya mau coba, apakah yang sudah dilatih itu masuk nggak ke pertandingan. Kami belum pernah bertemu, sekarang posisinya 0-0, sama-sama ada peluang," jawab Shesar ketika ditanya soal kansnya melawan Super Dan.

Sementara itu, Sony Dwi Kuncoro terhenti di babak pertama dari Kenta Nishimoto, unggulan ketujuh dari Jepang, dengan skor 17-21, 11-21. Tommy Sugiarto lolos ke babak kedua setelah menekuk Zhao Junpeng dari Tiongkok, dengan skor 21-13, 12-21, 21-13.

Dari nomor tunggal putri, Fitriani melaju ke babak kedua, setelah bertarung ketat melawan Yip Pui Yin asal Hong Kong, dengan skor 13-21, 21-13, 24-22. Lyanny Alessandra Mainaky juga lolos dengan mengalahkan Evgeniya Kosetskaya (Rusia), dengan skor 13-21, 21-18, 21-14. ***