PALAS-Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki peran penting pembinaan teritorial dalam menyukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 di desa sasaran Hutaraja Lamo,Kecamatan Sosa ,Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Hal itu diungkapkan Dandim 0212/TS Letkol .Inf.Akbar Nofrizal Yusananto SIP disela mendampingi kunjungan Staf Khusus KSAD Mayjen Ilyas Alamsyah Harahap untuk kegiatan evaluasi dan peninjauan program TMMD di desa sasaran Hutaraja Lamo.

Dikatakan, Babinsa harus mampu bersikap dan bertindak secara simpatik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diemban sehingga mampu menjadi perekat dalam membina hubungan dengan berbagai elemen masyarakat.

"Tugas Babinsa dalam menjaga keamanan dan ketertiban dimasyarakat dapat terwujud dengan baik ,jika memiliki kemampuan hubungan yang baik dengan masyarakat ,"kata Dandim.

Ditegas Dandim, Babinsa menjadi unsur penting pendukung dalam program TMMD tersebut. "Dari segi sudut pandang kegiatan keagamaan dan faktur lainnya Babinsa harus selalu di garis terdepan. Suksesnya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kodim 0212/TS ," tambah Dandim. "Tdak terlepas dari peran Babinsa dalam merangkul masyarakat untuk ikut berperan serta mewujudkan pembangunan desa secara bersama dengan budaya gotong royong,"lanjutnya lagi.

Dandim juga berpesan kepada Babinsa agar menyampaikan pesan pembangunan kepada masyarakat bahwa jalan desa yang dibangun melalui program TMMD agar terus dijaga dan dirawat oleh masyarakat khususnya warga Desa Hutaraja Lamo dan Mondang.

Ditempat terpisah Babinsa Desa Hutaraja Lamo, Serda Mukmin Nasution ditemui disela kegiatan pekerjaan pembangunan sarana fisik jalan desa rabat beton di Desa Hutaraja Lamo,Selasa(30/7/2019) mengatakan, tugas Babinsa harus dapat menyampaikan pesan pembangunan kepada masyarakat secara baik.

Selain itu, tambah dia, keaktifan Babinsa berkumpul dengan masyarakat secara aktif ,tentu akan bermanfaat bagi masyarakat Karena mendapat informasi secara lengkap tentang tujuan program TMMD.

Mukmin juga berharap, kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang telah dibangun melalui program TMMD ke 105. "Jika sarana infrastruktur dijaga dengan baik ,tentu akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat karena dampak manfaatnya juga untuk masyarakat,"ujarnya *