PALAS-Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kodim 0212/TS TA 2019 ternyata bukan saja peduli terhadap pembangunan infrastruktur, namun juga mereka peduli terhadap kesehatan lingkungan warga di sekitar lokasi sasaran TMMD Desa Huataraja Lamo,Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Personel Satgas TMMD dan Koramil 09/Sosa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Palas melaksanakan pembuatan jamban untuk warga.Hal itu lakukan di Desa Tanjung Botung Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas).

?Kegiatan pembuatan jamban tersebut bertujuan untuk menciptakan Keluarga Sehat dan lingkungan.bersih ditengah warga di sekitar Lokasi TMMD.

Babinsa Koramil 09/Soso, Serda Tsabit Jaelani Siregar mengatakan, Dansatgas TMMD 105 memerintahkan kepada kita untuk mencari masyarakat yang akan menerima manfaat pembuatan jambanisasi tersebut.

?“Kita langsung berkoordinasi dengan Kepala Desa di sekitar lokasi TMMD, dan kita memilih Desa Tanjung Botung sebagai sasaran pembuatan jamban bagi warga ,"terangnya.

"Setelah kita menemukan lokasi pembuatan jamban ,Dansatgas memerintahkan Kopda Irwan Farwis Siregar untuk membantu kita membuatkan jamban tersebut, dengan didampingi oleh dari Dinas Kesehatan Palas yang diwakili oleh Kasi Kesehatan Lingkungan Nurhamidah Pohan S.Kep. Kita mengharapkan dengan adanya jamban yang kita buatkan tersebut keluarga sehat dapat tercapai dengan baik di sekitar lokasi sasaran TMMD, sehingga dengan begitu tidak ada kecemburuan sosial di lingkungan masyarakat,” katanya,Minggu (28/7/2019).

Sementara salah seorang penerima manfaat pembuatan jamban Hamonangan Lubis (54) mengucapkan, berterimakasih kepada Kodim 0212/TS yang telah membuatkan jamban di desanya, sehingga dengan adanya jamban tersebut maka keluarga sehat dapat tercapai mewujudkan Keluarga sehat sejahtera dan terbebas dari penyebaran penyakit.

“Kepedulian personel Satgas TMMD Kodim 0212/TS ,tidak hanya memberi perhatian terhadap pembangunan sarana fisik semata ,tetapi kepedulian terhadap kesehatan warga juga peduli dengan membuatkan jamban untuk masyarakat, kita acung jempol.kepada TNI yang selalu tanggap terhadap.kebutuhan warga didesa ,"ungkap Hamonangan (strong>*