TOBASA-Menteri Pariwisata Arief Yahya saat mendampingi Kunjungan kerja Presiden RI Senin, (29/7/2019) mengunjungi Taman Eden 100 di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kab. Tobasa, Senin (29/7/2019). Dalam kekagumannya ia berharap ditempat tersebut ada restaurant yang menyuguhi makanan dan minuman dari andaliman.

Setiba di lokasi Taman Eden 100 Menteri Pariwisata Arief nampak kagum akan panorama alam dengan keindahan Taman Eden 100 yang memang benar benar dalam suasana sejuk dan asri.

"Kesejukan dan keasrian Taman Eden 100 ini ibaratkan taman Firdaus," puji Arief dalam kekagumannya melihat dan menikmati Taman Eden 100,dimana setiap lokasi pada tiap sisi taman Eden 100 yang dibawah Bukit (Dolok) Simanuk Manuk ini dipenuhi dengan ribuan pohon dengan berbagai jenis.

Diantara ribuan pohon yang tumbuh di Taman Eden 100 salah satunya tanaman khas Suku Batak Toba jenis tanaman endemik milik suku Batak Toba yang pertumbuhannya hanya tumbun di tanah Batak Toba yakni tanaman Pohon Andaliman.

"Pohon Andaliman ini hanya ada tumbuh di daratan kawasan Hutan Tanah Batak dan tidak ada di daerah lain di Nusantara ini," demikian dijelaskan oleh Marandus kepada yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Arief dalam sambutannya mengajak para wisatawan lainnya dimanapun berada, khususnya para penikmat wisata yang belum mengetahui dan belum pernah mengunjungi Taman Eden 100 di Desa Sionggang Utara supaya menyempatkan diri datang untuk berwisata ke Taman Eden 100 disaat berkunjung ke Kawasan pariwisata Danau Toba. "Hai para sobat wisatawan di seluruh Indonesia, saya sedang berada di Taman Eden 100, taman hutan yang sangat cocok untuk ekowisata, di lokasi wisata ini ada juga air terjunnya. Pokoknya sangat indah," Ujar Arief menghimbau warga lainnya.

Usai meninjau lokasi wisata Taman Eden 100 Menteri Arief menyempatkan diri untuk menikmati berbagai jenis kuliner lokal masakan khas suku Batak yang berbahan dasar Andaliman.

Saat ini buah Andaliman sedang naik daun di publik. Dalam kunjungannya Arief berjanji akan membantu pengelola Taman Eden 100 Marandus Sirait untuk membangun satu unit restoran, yang nantinya akan menjadi pusat kuliner makan yang berbahan dasar Andaliman.

"buah Andaliman, tanaman endemik Toba mirip seperti merica, tapi hanya ada di kawasan Danau Toba dan sekitarnya. Nanti di sini kita akan bangun restoran yang makanannya berbasis bahan Andaliman. Jadi kalau ke Danau Toba jangan lupa mampir ke Taman Eden 100," tegas Arif dalam himbauannya.*