PALAS-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas (Palas) melaksanakan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kabupaten Palas Tahun 2019.

Pelaksanaan kegiatan O2SN dan FLS2N berlangsung, Senin (29/7/2019) di SMPN 1 Barumun. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas Drs. Abdul Rahim Hasibuan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menelusuri minat dan bakat siswa terhadap olahraga dan seni.

Disamping itu ,kata Rahim, persiapan dalam menghadapi 02SN tingkat Provinsi Sumut yang akan dilaksanakan mulai 19-22 Agustus mendatang. Sedangkan FLS2N dilaksanakan mulai 25-28 Agustus mendatang di Medan.

Ketua Panitia O2SN dan FLS2N Kabid Dikdasmen M.Rasyidi Hasibuan mengatakan, ada dua bidang lomba yang diperlombakan dalam O2SN yaitu Atletik dan Bulu Tangkis .Sedangkan untuk FLS2N memperlombakan bidang menyanyi tunggal (solo) dan festival seni tari.

Dikatakan, peserta O2SN dan FLS2N SMP diikuti 35 siswa untuk O2SN dan FLS2N diikuti 20 siswa dari berbagai sekolah tingkat SMP se Kabupaten Palas.

Adapun hasil seleksi O2SN SMP tingkat Kabupaten Palas , juara 1 cabang Atletik Putra diraih Ali Barani siswa SMPN 1 Barumun, sedangkan juara 2 diraih Budi Luis siswa SMPN 3 Barumun dan juara 3 diraih oleh Ahmad Fadli siswa SMPN 1 Sosa.

Sedangkan untuk cabang Atletik Putri juara 1 diraih Lestina Waruwu siswi SMPN 1 Sosa, juara 2 diraih Ermida Sari siswi SMPN 1 Sihapas Barumun dan juara 3 diraih oleh Noviya Maya Sari siswi SMPN 2 Aek Nabara Barumun.

Untuk cabang Bulu Tangkis Putra, juara 1 diraih Sabnan Siregar siswa SMPN 1 Sosa, juara 2 diraih Ahmad Jefri Hasibuan siswa SMPN 1 Barumun Selatan dan juara 3 diraih Mhd. Asrin Daulay siswa SMPN 1 Barumun.

Sedangkan untuk cabang Bulu Tangkis Putri, juara 1 diraih Astina Syapani Hasibuan siswa SMPN 1 Sosa, juara 2 diraih Nadia D. Lubis siswa SMPN 3 Barumun dan juara 3 diraih Rika Pratiwi Nasution siswa SMPN 1 Lubuk Barumun.

Sementara untuk FLS2N tingkat SMP tingkat Kabupaten Palas ,tambah Rasyidi , juara 1 Lomba Menyanyi Solo diraih Grace Efrina siswi SMPN 1 Sosa, juara 2 diraih Andre Parasian Harahap siswa SMPN 1 Barumun dan juara 3 diraih Fitriani Hasibuan siswi SMPN 2 Aek Nabara Barumun.

Untuk bidang Festival Seni Tari, juara 1 diraih group tari siswi SMPN 1 Barumun dan juara 2 diraih group tari siswi SMPN 1 Sosa. "Bagi juara 1 dari masing-masing bidang lomba pelaksanaan O2SN dan FLS2N SMP tingkat Kabupaten Pakas tahun ini akan menjadi duta daerah untuk pelaksanaan O2SN dan FLS2N SMP ditingkat Provinsi Sumut Tahun 2019 di Medan,"kata Rasyidi.

Hadir diacara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Ahmad Damhuri, SE, Kasi Kurikulum Bidang Dikdasmen, Kasi Bantuan dan Peningkatan Mutu Siswa, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Para Kepala Sekolah dan Guru Pendamping.*