TAPUT-Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, didampingi Ketua DPRD Ir Poltak Pakpahan, Pj. Sekda Drs. Parsaoran Hutagalung, Direktur RSU Tarutung dr.Janri Nababan dan Kadis Dukcatpil Asnah Sinaga menyerahkan secara langsung Akta Lahir Anak bagi Ibu bersalin di Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung, Senin ( 29/7/2019).

Sebelum menyerahkan akta lahir kepada orang tua dari Avner Alvarotua Hutapea, Nikson berharap melalui program tersebut masyarakat terbantu dalam pengurusan akte lahir anak.

"Program ini adalah sebagai bentuk optimalisasi pelayanan ke masyarakat yang membutuhkan. Akte lahir yang diberikan saat ini khusus bagi Ibu bersalin yang masih dirawat di RSUD tarutung, "tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati bersama rombongan melihat sejumlah ruang persalinan dan menyapa para pasien. Dirut RSUD dr Janri Nababan mengatakan akta lahir yang diserahkan Bupati saat ini bagi dua bayi, dan sebelumnya telah diserahkan 30 akte lahir.

"Bagi para ibu yang hendak bersalin di RSUD tarutung untuk kelancaran pengurusan akta lahir anak diharapkan pihak keluarga agar secepatnya melengkapi dokumen sesuai persyaratan. RSU dan Disdukcatpil telah menyiapkan aplikasinya ,"ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Dukcatpil Taput Asnah Sinaga menyebutkan proses penerbitan akta lahir bayi masih mengadopsi melalui Email. yang merupakan koordinasi dan kerja sama antara Disdukcatpil dan RSUD Tarutung. "Sistemnya masih melalui Email dikirim kepada kami lalu diterbitkan," terangnya.

Orang tua penerima akta lahir anak yang lahir pada 26 juli yang lalu yakni Daniel Hutapea dan Jenni Sihombing, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab taput karena Instansi terkait telah mempermudah penerbitan akta kependudukan dan akta lahir anak masyarakat taput secara online. Itu merupakan terobosan baru dan harus disambut dengan baik.

"Kami merasa senang dan bangga, Bupati datang langsung menyerahkan akta lahir anak kami. kami berharap kiranya program itu dapat berkesinambungan dan semoga Bapak Nikson Nababan senantiasa diberi kekuatan dalam memimpin Taput cetus mereka,"imbuhnya.*