PALAS-Mewujudkan kesuksesan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) peran penting Babinsa menjadi tolak ukur keberhasilan program tersebut di desa sasaran Hutaraja Lamo dan Mondang,Kecamatan Sosa ,Kabuapten Padang Lawas(Palas).

Peran Babinsa menjadi indikator dalam pengembangan inovatif yang berdampak memberi insbitatif kepada warga untuk terlibat langsung ikut peran untuk pembangunan desa.

Keterlibatan Babinsa diwilayah sasaran TMMD Kodim 0212/TS di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa telah membawa perubahan pola pikir masyarakat tentang pandangan peran serta membangun kebersamaan sebagai wujud kemajuan pembangunan.

Babinsa Koramil 08 Barumun Pelda M. Hubban Daulay dan Kopda Ali Akasah Nasution disela pelaksanaan pekerjaan fisik pembuatan jalan rabat beton ,Jum’at ( 26/7/2019) di lokasi TMMD Desa Hutaraja Lamo mengaku peran Babinsa harus lebih proaktif dalam segala hal menyangkut kepentingan warga.

Pelda M. Hubban Daulay dan Kopda Ali Akasah Nasution mengatakan, membangun kebersamaan itu penting dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

"Peran dan fungsi Babinsa harus mampu memberikan pemahaman kepada warga tentang manfaat dari programTMMD secara nyata yang memberi keuntungan bagi desa dan warga," ungkap Hubban.

Selain itu ,lanjut Hubban dan Ali, Babinsa juga harus memiliki kemampuan dari segala permasalahan yang ada ditengah masyarakat.

"Babinsa harus memiliki pengetahuan yang lebih dalam mendeteksi dini semua persoalan dan keluhan masyarakat,sehingga perannya memiliki andil penting untuk menyelesaikan dengan baik," aku kedua Babinsa dari Koramil 08 Barumun ini.

Tugas dan tanggungjawab Babinsa ,lanjut Hubban, selain sebagai ujung tombak program TMMD juga mampu mensosialisasikan semua program-program pembangunan agar dipahami warga sebagai kegiatan yang bermanfaat untuk kemajauan desa.

"Semua program yang dilaksanakan secara budaya gotong royong dapat diimplementasi kepada warga secara lengkap, sehingga memberikan rasa nyaman dan aman bagi warga dilokasi kegiatan TMMD,"timpal Hubban dan Ali.*