MEDAN-Wakil Bupati Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Kab. Labusel), Kholil Jufri Harahap saat melepas jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) 15 meminta doa untuk bisa berangkat haji. Permintaan tersebut langsung diamini secara serentak oleh seluruh jemaah yang hadir, Sabtu (27/7/2019) di Aula Madinatul Hujjaj, Asrama Haji Medan.

“Doakan saya bisa berangkat haji,” ucap Kholil sambil menangis dan juga tangisan para jemaah yang mendengarkan permintaan Wakil Bupati Kab. Labusel tersebut.

Sebelumnya ia memberikan beberapa pesan pada jemaah yang akan berangkat menuju Mekkah menunaikan rukun islam kelima tersebut untuk bersyukur pada Allah SWT dan memperbanyak ucapan shalawat pada Nabi Muhhammad. Tak hanya itu, selama berada di Mekkah hendaklah jemaah untuk menjaga kesehatan dan bekerjasama serta berkomunikasi dengan petugas medis apabila ada sesuatu hal mengganggu kesehatan.

“Semoga diberi kemudahan oleh Allah dalam menjalankan ibadah wajib dan ibadah sunnah. Dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” doanya.

Dia juga mengingatkan agar seluruh jemaah jangan egois dan tidak memberi bantuan pada jemaah yang tua. “Jemaah harus menjaga nama baik bangsa Indonesia. Beribadah lah dalam keadaan ikhlas,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Dia juga memanggil beberapa jemaah calon haji yang berasal dari pejabat pemerintahan yang ikut berangkat pada hari ini. “Ini semua adalah warga masyarakat kita, jadi tolong bantu bila mereka membutuhkan,” pesannya pada beberapa pejabat pemerintah Kab. Labusel yang ikut berangkat hari ini.

Sementara itu, dari data yang diperoleh sebanyak 389 jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) 15 asal Kab. Labusel dan Kota Medan berangkat menuju Mekkah hari ini. Dari 389 jemaah ini sebanyak 325 jemaah asal Kab. Labusel dan sebanyak 56 jemaah dari Kota Medan.

“Satu jemaah mengisi seat yang kosong atas nama Supryatno Kaserin Abdullah dengan nomor manifes 390 kloter 14 asal Kota medan. Ada juga yang mutasi berangkat dari kloter lain satu orang atas nama Muhammad Darwin Harahap asal Kab. Labusel. Hari ini juga ada 3 orang open seat dengan nomor manifes 391,392, dan 393. Dengan berangkatnya kloter 15 ini sebanyak 5.838 jemaah asal Sumatera Utara (Sumut) yang berangkat dan sisanya 2.803 jemaah lagi,” tukas Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag, Azim. *