PALAS-Pembagunan sarana akses jalan Desa Hutaraja Lamo dan Mondang Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) sepanjang 4200 meter dengan lebar 8 meter terus dikebut prajurit TNI bersama masyarakat sebagai kegiatan lintas sektoral program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 tahun 2019.

Seperti biasanya sudah menjadi rutinitas prajurit TNI sebelum melaksanakan kegiatan pekerjaan, melakukan apel terlebih dahulu demi mendapat kekuatan dan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan program TMMD di Desa Hutaraja Lamo dimulai pukul 08.00 WIB setiap harinya.

“Sebelum terjun kelokasi kegiatan pekerjaan pembangunan sarana fisik pembukaan akses jalan desa personel Satgas TMMD lakukan apel dan berdoa mohon keberkahan dan keselamatan saat bekerja,," kata Pasiter Kodim 0212/TS, Lettu Inf. Syaiful Abdi, Jum,at (26/7/2019).

Syaiful menjelaskan, sasaran fisik yang dikerjakan adalah peningkatan jalan dengan menggunakan eskavator. Sementara personel bekerja secara manual dengan cara menyisip material pasir dan sertu sebagai bahan pemerataan badan jalan desa.

“Dalam pelaksanaan itu , Satgas TMMD dibantu warga membersihkan lahan dari sampah maupun pepohonan, kemudian diratakan mengunakan alat berat bomax dan escavator .Usai pembersihan, dilakukan pekerjaan perataan tanah dengan menggunakan alat buldozer,” ungkap Syaiful.

Untuk pengangkutan material berupa batu sertu dan kerikil kasar serta pasir , kata dia, pihaknya menggunakan alat transportasi dump truk yang senantiasa standby di lokasi guna mengantisipasi bahan material yang dibutuhkan untuk pembagunan jalan desa sesuai program TMMD.

?Sedangkan meratakan permukaan jalan agar rata sekaligus pemadatannya, digunakan alat tandem roller. Hal itu untuk menyatukan lapisan pondasi bagian atas permukaan badan jalan dan lapisan bawah agar padat sehingga tidak akan mudah berlubang dan lainnya," terangnya Lettu Syiful.

Ia menambahkan, semua kegiatan yang dilaksanakan dikerjakan secara bergotong-royong dan bahu-membahu bersama masyarakat setempat.

"Melalui moment kebersamaan ini dapat membangun hubungan kedekatan serta mewujudkan penting arti kemanunggalan TNI dan rakyat,sehingga TNI menjadi kuat dengan program TMMD yang juga milik rakyat," tambahnya.*