MEDAN- Kasubag Dokumentasi Bidang Haji Kanwil Kemenag Sumut, Eri Nofa menuturkan ada satu lagi jemaah asal Sumut yang meninggal dunia di tanah suci. Satu orang jemaah ini berasal dari Kabupaten Padang Lawas yang meninggal hari Kamis (25/7) di Madinah.

“Dari petugas TPHI Padang Lawas kita peroleh informasi bahwa yang meninggal dunia dari jemaah Kloter 06 Padang Lawas Embarkasi Medan di Madinah atas nama Rahmat Nasution Bin Noyan Nasution, tutup usia 65 tahun, dengan Nomor Porsi : 200118948, yang beralamatkan di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sosa, Kab. Padang Lawas, dan penyebab meninggalnya Jemaah adalah Penyakit sesak nafas (Paru-paru). Meninggal pukul 04:00 WAS,” terang Eri, Jumat (26/7/2019).

Jemaah calon haji yang meninggal dunia tersebut disholatkan di Masjid Nabawi usai Magrib waktu Arab Saudi, dan di Pemakaman Baqi yang terletak di sebelah timur masjid An-nabawi berjarak sekitar 100 m dari pusat kota Madinah. Sehingga tercatat sudah dua jemaah asal Sumut yang meninggal di Atab Saudi.

Sementara itu, sebanyak 390 jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) 13 yang tergabung dalam beberapa kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) yakni Sibolga, Medan, Tapanuli Tengah, Binjai, Deli Serdang, Tapanuli Selatan, dan Labuhan Batu berangkat ke tanah suci melalui Bandara Kualanamu 18.45 WIB dan diperkirakan tiba di Arab Saudi pukul 23.20 WAS, Kamis (25/7/2019).

Dari kloter 13 ini ada satu jemaah yang tidak berangkat karena meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan atas nama Asrani Makruf Hutagalung dengan nomor manifes 212. Sedangkan satu orang lagi tunda berangkat ke tanah suci lantaran sakit sebelum masuk asrama haji dengan nomor manifes 336 atas nama Hijra Muhammad Natsir.*