PALAS-Program Tentara Manunggal Mambangun Desa (TMMD) Reguler 105 Tahun 2019 wujud kerjasama TNI AD bersama Pemerintah dan masyarakat.

Program ini tidak hanya membangun pembangunan fisik tapi juga membangun mental, karakter, nasionalisme, patriotisme dan memanfaatkan potensi warga desa," kata Dansatgas TMMD Kodim 212/TS Letkol Inf.Akbar Nofrizal Yusananto, Kamis (25/7/2019).

Dikatakan, manfaat program ini sangat efektif karena dirasakan secara langsung dampak oleh masyarakat Desa Hutaraja Lamo dan Mondang, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas ) serta memberi output menggelorakan semangat nilai Pancasila.

Program TMMD yang dilaksanakan dengan terjun langsung kedesa Hutaraja Lamo dan Mondang bertujuan menggugah masyarakat untuk ikut berpatisipasi serta menanamkan kedisplinan terhadap warga.

Menurut Dandim, kalau karakter disiplin sudah tertanam bagus ditengah pergaulan dan kehidupan masyarakat maka dengan sendirinya menjadi modal utama mempercepat pembangunan.

"Disiplin yang dimaksud yaitu disiplin dalam programnya, disiplin dari pelaksanaannya, disiplin dalam waktu," kata Dansatgas TMMD ke105 Kodim 0212/TS.

Ia mengatakan, melalui program TMMD juga bisa menyatukan pandangan masyarakat dengan prajurit TNI. Masyarakat merasa bersatu dengan TNI dalam melaksanakan aktivitas kegiatan pembangunan ,sehingga terbangunnya kebersamaan dan keakraban yang terjalin menjadi modal dalam menyukseskan pembangunan di pedesaan.

Disisi lain ,tambah Dandim, program TMMD juga dapat mengembalikan semangat gotong royong menjadi ciri khas bangsa Indonesia. "Semangat gotong royong harus dijaga terus ,karena program TMMD sangat selaras dengan program pemerintah daerah karena sama -sama ingin membangun dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat ," ujarnya.*