JAKARTA - Tim Nasional Indonesia U-23 terus melakukan pemusatan latihan (TC) jelang menghadapi SEA Games Philipina 2019 mendatang. 26 pemain berlatih secara serius dan semangat pada TC yang berlangsung 26-31 Juli 2019 ini. Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri mengatakan, dirinya masih mencari kerangka pemain untuk Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019. Pada September mendatang, Indra mendaftarkan 40 pemain entry by name untuk SEA Games 2019 sebelum dikerucutkan menjadi 20 orang.

Dari 40 pemain yang akan didaftarkan itu, Indra telah menetapkan 23 nama. Jadi, 17 slot yang tersisa diperebutkan oleh 26 pemain pada TC Timnas Indonesia U-23 saat ini.

"Saya sudah memastikan nama 23 pemain untuk didaftarkan pada September mendatang. Sisa 17 pemain masih akan saya lihat," kata Indra kepada wartawan.

"Saya sekarang mencari 17 pemain yang tersisa. Saya akan lakukan pada TC kali ini dan Agustus mendatang," tambah pelatih berusia 56 tahun itu.

Timnas Indonesia U-23 akan melakukan uji coba melawan Lampung Selection di Stadion Sumpah Pemuda, Minggu (28/7/2019). Setelah itu, Garuda Muda akan kembali menggelar pemusatan latihan pada Agustus mendatang.

Indra berencana menurunkan para pemain baru pada uji tanding melawan Lampung Selection. Nama-nama langganan Timnas Indonesia U-22 seperti Nurhidayat Haris dan Rizky Dwi Febrianto kemungkinan akan bermain dari bangku cadangan.

"Kami mungkin akan menurunkan pemain baru dalam uji coba nanti. Kami mau memastikan dengan lawan yang berbeda, bagaimana penampilannya," jelasnya.

Pada Kamis (25/7/2019), Timnas U-23 melakukan internal game di Stadion Madya, Jakarta. 26 pemain yang dipanggil dibagi menjadi kedua kesebelasan, yakni skuat berompi oranye dan seragam hijau. Skuat berompi oranye yang diperkuat oleh bek Bhayangkara FC, Nurhidayat Haji Haris, berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2.

Indra Sjafri mengaku terpukau dengan penampilan sejumlah pemain yang terhitung baru bergabung dalam pemusatan latihan. "Alhamdulillah, saya puas dengan penampilan 4-5 pemain baru," tukasnya. ***