PALAS-Bupati Padang Lawas(Palas) H Ali Sutan Harahap (TSO) menilai keberadaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-105 tahun 2019 mampu menumbuhkan spirit NKRI dan menyuburkan nilai-nilai Pancasila ditengah warga.

“Sebab, keduanya merupakan roh utama kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila,dan cinta NKRI terus ditanamkan kepada segenap warga ,"kata Bupati yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) Jumat (26/7/2019)di Sibuhuan.

Selain menumbuhkan spirit NKRI, kata TSO, TMMD juga dinilai sangat efisien sebagai perekat komponen bangsa. Pasalnya, selain dikerjakan oleh personel TNI, program tersebut juga melibatkan seluruh stakeholder hingga warga sekitar desa sasaran program TMMD seperti di Desa Hutaraja Lamo dan Mondang ,Kecamatan Sosa.

Kata TSO, masyarakat dan seluruh stakeholder terkait, saling bahu-membahu untuk memajukan desanya. "Inilah yang sangat dibutuhkan demi perkembangan bangsa dan negara,," imbuhnya.

Bupati mengakui banyak hal positif yang bisa diambil dari kesigapan TNI membangun kebersamaan dengan warga dalam pelaksanaan pekerjaan membangun desa khususnya sarana pembangunan fisik maupun non fisik.

Melihat kesigapan dan sikap disiplin yang tertanam di hati setiap prajurit TNI, tambah Bupati ,kita merasa bangga serta kagum .Karena selain disiplin juga membangun semangat tak kenal menyerah dan loyal terhadap pimpinan.

"Terus terang ,saya kagum dengan sosok tentara yang sigap saat bekerja ,disiplin dan terus menjaga semangat kekompakan yang kuat sesama tentara dan terus merangkul warga sehingga dihati warga melekat semangat persatuan dan.kesatuan yang tidak terpisahkan ,," pungkas Bupati yang dikenal juga ditengah masyarakat Kabupaten Palas dengan sebutan Teman Semua Orang (TSO).*