JAKARTA - PSSI menggelar meeting koordinasi bersama 10 klub peserta Liga 1 bertajuk CEO Forum Liga 1 Putri di Jakarta, Kamis (25/7/2019) siang. Adapun agenda utama dalam pertemuan ini adalah menyangkut koordinasi terkait penyelenggaraan Liga 1 Putri yang rencananya akan digelar pada tahun 2019 ini. Pertemuan yang bertujuan untuk memastikan komitmen para klub untuk ikut serta pada kompetisi Liga 1 Putri ini dihadiri Plt Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Anggota Exco Dirk Soplanit dan Papat Yunisal, serta Sekretaris Jenderal Ratu Tisha Destria.

Forum CEO pun dibuka langsung oleh Plt Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto yang memaparkan latar belakang digelarnya Liga 1 Putri 2019. Tak hanya menyangkut pembentukan Tim Nasional Putri semata, namun menyangkut berbagai aspek yang perlu dilakukan agar kompetisi antara putra dan putri seimbang.

“Saudara-saudara kita di Asia Tenggara sudah melakukan kick off liga putri, seperti Myanmar, Thailand dan Vietnam, kemudian SEA Games dan PON 2020 yang masing-masing akan mempertandingkan sepak bola putri. Jika kita tidak segera kick off, kita hanya akan menjadi penonton tanpa melakukan pembinaan,” ungkap Iwan Budianto.

Iwan menambahkan penyelenggaraan ini menjadi pelecut semangat bagi para adik-adik putri untuk mau bermain sepak bola. “Mimpinya ingin 18 klub ikut pada liga 1 putri, tapi kalau tidak bisa di tahun pertama, setidaknya minimal 6 klub. Kedepan semua klub ikut liga 1 putri,” lanjutnya

Latar belakang penyelanggaraan Liga 1 Putri pun dipaparkan lebih lanjut oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. Penyelenggaraan ini pun sejalan dengan program yang dicanangkan FIFA yang juga fokus terhadap pembinaan sepak bola putri.

“Pertemuan hari ini untuk membahas tentang penyelenggara liga sepakbola putri tahun ini. Adapun semua ini dilakukan berdasarkan program yang disusun secara langsung oleh FIFA. Pada kongres FIFA di Paris beberapa bulan lalu, FIFA mencanangkan berbagai macam program khusus untuk anggota-anggotanya yang telah memenuhi dua syarat, yang pertama keberadaan Tim Nasional Putri di dua nomor, senior dan usia muda, serta adanya kompetisi,” ungkap Tisha

Pada pertemuan hari ini, PSSI pun memastikan kembali komitmen dan keikutsertaan para klub dalam berpartisipasi dan menyukseskan Liga 1 Putri ini dengan menanyakan secara langsung kepada para pengambil keputusan yang hadir pada forum CEO ini.

10 dari 18 klub pun menyatakan komitmennya untuk ikut dalam Liga 1 Putri. Masih ada pembahasan lebih lanjut terkait format dan detail dari penyelenggaran Liga Putri, termasuk kapan waktu kick off resmi. 

10 klub peserta Liga 1 Putri 2019

1. Persija

2. PSM Makassar

3. Persib Bandung

4. PS Tira Persikabo

5. Bali United

6. Arema

7. PSIS Semarang

8. Persipura Jayapura

9. PSS Sleman

10. Persebaya