MEDAN - Dua pabrik Danone-AQUA di Sumatera yang berlokasi di Berastagi dan Langkat ikut berpartisipasi pada Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara yang berlangsung di Merdeka Walk Lapangan Merdeka, Medan 25 – 28 Juli 2019. Pada kesempatan ini Pabrik AQUA Berastagi dan Langkat menampilkan sejumlah inisiatif pelestarian lingkungan yang sudah dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan, termasuk konservasi di Kawasan Danau Toba yang membuat Pabrik AQUA Berastagi memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Mengapa pelestarian lingkungan itu penting untuk Danone-AQUA? Danone-AQUA sebagai pelopor perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia yang memiliki visi One Planet One Health selalu meyakini bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat. Hal tersebut diwujudkan Danone-AQUA melalui komitmen untuk selalu menyelaraskan pertumbuhan bisnis dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. 

“Pabrik AQUA Berastagi dan Langkat selalu menjalankan prinsip ramah lingkungan dalam kegiatan operasional sehari-hari, yaitu melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak. Selain itu Pabrik AQUA Berastagi dan Langkat secara berkelanjutan menjalankan konservasi air, yaitu penanaman pohon, pembuatan sumur resapan, pembuatan biopori – yang dilakukan di daerah tangkapan air maupun di sekitar pabrik. Hal itu membantu penyerapan air ke dalam tanah, sehingga menjaga ketersediaan air tanah. Konservasi juga membuat lingkungan sekitar menjadi lebih asri,” jelas Senior External Relations Manager Wirnos, Kamis sore (25/7/2019). 

Program Konservasi yang dilakukan Danone-AQUA tersebut disesuaikan dengan kondisi alam sekitar dan berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu dalam melaksanakan program ini Danone-AQUA juga mengajak para pegiat konservasi untuk melakukan budidaya tanaman kopi dan beternak lebah madu untuk meningkatkan penghasilan mereka. Budidaya kopi dan ternak lebah madu itu dilakukan secara terintegrasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pertanian sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Semua itu diwujudkan melalui kemitraan dengan pemerintah, LSM, masyarakat, dan pihak-pihak terkait, serta dilaksanakan secara berkelanjutan.

Itulah yang menjadi fokus Danone-AQUA pada Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara 2019 ini. Partisipasi Danone-AQUA ini merupakan upaya mendukung program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang terus membangun komunikasi strategis tentang investasi dan potensi daerah serta membangun daya saing ekonomi Sumatera Utara.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang perubahan pembangunan yang telah dan akan dicapai oleh pemerintah daerah baik provinsi, kota maupun kabupaten di Sumatera Utara. Juga memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang produk-produk terbaru terutama yang berkaitan dengan pengembangan teknologi pertanian untuk dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian di Sumatera Utara. Pada Pekan Inovasi dan Investasi ini juga ditampilkan temuan-temuan baru yang inovatif terutama dalam perkembangan teknologi dari setiap perguruan tinggi di Sumatera Utara. Selain itu, memberikan informasi kepada masyarakat, terutama pelaku bisnis di bidang energi dan mineral untuk melakukan penghematan energi dan meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan,” ungkap Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah pada pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara 2019. ***